Anggaran Perjalanan Dinas Kabupaten Gowa Digeser untuk Korona

    Muhammad Syawaluddin - 30 Maret 2020 20:28 WIB
    Anggaran Perjalanan Dinas Kabupaten Gowa Digeser untuk Korona
    Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. (Foto: Istimewa)
    Makassar: Pemerintah Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, menggeser anggaran perjalanan dinas dan rapat pegawai untuk penanganan covid-19.

    "Biaya dari perencanaan perjalanan dinas dan rapat akan dialihkan untuk penanganan wabah ini," kata Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, Senin, 30 Maret 2020.

    Dengan demikian, kata Adnan, semua Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Kabupaten Gowa, tidak akan melakukan perjalanan dinas dan rapat seperti Musyawaran Perencanaan dan Pembangunan, serta kegiatan semacamnya. Kebijakan itu dilakukan sampai keadaan membaik.

    "Langkah ini dilakukan sesuai dengan Surat Edaran Menteri Dalam Negeri (Mendagri) dan Peraturan Menteri Dalam Negeri," jelasnya.

    Baca juga: Lockdown tak Semudah Menutup Pintu

    Anggaran itu akann digunakan untuk memenuhi kebutuhan petugas medis seperti alat pelindung diri (APD). Termasuk menyediakan paket sembako bagi warga yang menjalani isolasi mandiri lantaran berstatus orang dalam pemantauan (ODP) dan pasien dalam pengawasan (PDP).

    Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Kabupaten Gowa, Abdul Karim Dania, menambahkan, selain menggeser anggaran, pemerintah juga menyiapkan dana tak terduga sebanyak Rp500 juta. Dana tersebut disiapkan setiap tahunnya dalam APBD untuk penanganan bencana. 

    Khusus rencana revisi anggaran, pihaknya belum bisa memastikan jumlah anggaran yang diambil dari perjalanan dinas, rapat-rapat, dan pertemuan yang akan dialihkan untuk penanganan covid-19.

    "Kita baru akan melakukan rasionalisasi pada dokumen pelaksanaan anggaran (DPA) untuk diarahkan ke penanganan virus korona sesuai arahan pemerintah," jelasnya.




    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id