Pemprov Jabar Siapkan Tiga Skenario Penanganan Pasien Korona

    Antonio - 23 Maret 2020 11:22 WIB
    Pemprov Jabar Siapkan Tiga Skenario Penanganan Pasien Korona
    Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, di Kota Bandung, Jawa Barat, Senin, 16 Maret 2020. Medcom.id/ Roni Kurnuiawan
    Bekasi: Pemerintah Provinsi Jawa Barat mempersiapkan tiga skenario untuk penanganan pasien positif virus korona covid-19. Sejauh ini sampai dengan Minggu 22 Maret 2020, penyebaran Covid-19 di Jabar didominasi wilayah Bogor, Depok, dan Bekasi (Bodebek).

    Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, mengatakan skenario tersebut disusun berdasarkan estimasi jumlah pasien.

    "Kalau pasien positif 100, maka Rumah Sakit Hasan Sadikin yang tadinya ruang isolasi satu lantai menjadi satu gedung. Kalau itu tidak cukup, mendekati seribu, maka seluruh Rumah Sakit Hasan Sadikin akan menjadi rumah sakit covid-19, didukung dengan 35 rumah sakit lainnya," kata Ridwan Kamil di Bekasi, Minggu, 22 Maret 2020.

    Emil sapaan akrab Ridwan Kamil menyampaikan pihaknya juga telah mempersiapkan skenario ketiga jika jumlah pasien positif covid-19 lebih dari 1.000. Menurutnya saat ini sudah terdaftar dua hotel yang akan dikonversi.

    "Sedang disurvei, balai latihan di kita yang ada wisma-wismanya akan dikonversi. Dan terburuknya, TNI, panglima sudah menyampaikan, pusdik-pusdik dan tempat akan dikonversi menjadi tempat untuk emergensi," jelas Emil.

    Sebelumnya wilayah Bogor, Depok, dan Bekasi (Bodebek) menjadi daerah terbanyak kasus positif virus korona di Jawa Barat. Lokasi wilayahnya yang berdekatan dengan DKI Jakarta, memungkinkan virus dengan mudah menyebar.

    "Bodebek adalah bagian dari Jawa Barat yang wilayahnya berdekatan dengan DKI Jakarta yang menjadi episentrum wabah virus korona," pungkas Emil.



    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id