Gubernur DIY Ingatkan Pentingnya Social Distancing

    Ahmad Mustaqim - 23 Maret 2020 16:54 WIB
    Gubernur DIY Ingatkan Pentingnya <i>Social Distancing</i>
    Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X. Medcom.id/Ahmad Mustaqim
    Yogyakarta: Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X, mengatakan telah menyiapkan kebijakan tindakan jaga jarak (social distancing) di area publik. Kebijakan ini diharap mengurangi potensi penyebaran virus korona di area aktivitas warga.

    "Hari ini kita sudah mempersiapkan, saya tandatangani, bagaimana kalau tidak berkumpul atau meski bisa berkumpul, jaga jarak satu meter," kata Sri Sultan di Kompleks Kepatihan Yogyakarta, Senin, 23 Maret 2020.  

    Sri Sultan memberikan gambaran salah satu lokasi publik, di warung makan. Di warung makan apabila terdapat empat kursi berjajar seharusnya dalam situasi itu hanya ditempati satu orang. Contoh lain antre di bioskop ataupun membeli tiket kereta api, harus menjaga jarak dengan orang lain minimal satu meter.

    Sri Sultan menunjukkan ekspresi kebimbangan saat menyampaikan apabila kebijakan social distancing diberlakukan. Di sisi lain ia menyadari hal itu harus dilakukan.

    "Yang membahayakan berkumpul banyak orang yang berempet-empetan. Kita mencoba bagaimana masyarakat ini bisa menjaga diri tertib. Kalau antre jaraknya satu meter," ungkap Sultan.

    Ia mempertanyakan bagaiman kesanggupan pemilik warung makan. Menurut dia, hal itu akan lebih baik dilakukan dibanding ditutup.

    Sri Sultan mengatakan aktivitas di internal Kraton Yogyakarta telah mencoba terapkan social distancing. Saat ada pertemuan peserta diberikan jarak saat duduk.

    "Harapan saya masyarakat Jogja bisa melakukan ini. kesadaran bersama menghargai juga orang lain. Kalau kita punya virus (tanpa social distancing) akan menular ke orang lain," pungkas Sultan.



    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id