Pemprov Jabar Andalkan Patriot Desa untuk Mengatasi Stunting

    Roni Kurniawan - 12 Februari 2020 16:18 WIB
    Pemprov Jabar Andalkan Patriot Desa untuk Mengatasi Stunting
    Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jawa Barat, Berli Hamdani, di Bandung, Rabu, 12 Februari 2020. Medcom.id/ Roni Kurniawan
    Bandung: Pemerintah Provinsi Jawa Barat berencana mengerahkan patriot desa untuk pencegahan masalah stunting. Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jawa Barat, Berli Hamdani, mengatakan 29,2 persen penderita stunting saat ini mayoritas terdapat di pedesaan.

    "Ya patriot desa yang waktu itu dilatih, itu sangat bagus dan sangat tepat," kata Berli kepada Medcom.id di RSHS Bandung, Jalan Pasteur, Rabu, 12 Februari 2020.

    Berli menjelaskan keterlibatan perangkat desa berperan penting untuk menekan angka stunting. Menurut Berli Pemprov Jabar melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPM-Des) telah mengerahkan 110 orang untuk menjadi patriot desa pada 2019.

    Berli mengatakan para patriot desa disebar terutama ke desa perbatasan dengan misi mengembangkan potensi desa. Saat ini para patriot juga telah mendampingi beberapa desa untuk mengetahui kondisi kesehatan warga yang terkena stunting.

    "Jadi ini sebenarnya sejalan yang sudah di sepakati di provinsi jawa barat melalui koordinasi di asisten satu, jadi pak gubernur sudah memberikan arahan namanya program konvergensi," jelas Berli.

    Berli mengaku akan terus menggodok program tersebut agar para patriot desa bisa segera turun dalam waktu dekat guna penanganan dan pencegahan stunting. Pasalnya sebanyak 11 kabupaten/kota yang masih memiliki angka stunting tinggi, di antaranya di Garut, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Tasikmalaya, dan Kota Bandung.

    "Jadi ini melibatkan semua sektor, jadi kalau dari desa itu tentunya akan melibatkan para kader desa, kalau di Jawa Barat banyak sekali kader desa," pungkas Berli.





    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id