Penyintas Banjir Bandang di Lebak Keluhkan Pelayanan Medis

    Antara - 13 Februari 2020 19:49 WIB
    Penyintas Banjir Bandang di Lebak Keluhkan Pelayanan Medis
    Sejumlah pengungsi membutuhkan pelayanan kesehatan di posko pengungsian Kampung Seupang, Kecamatan Sajira, Kabupaten Lebak, Banten, Kamis, 13 Februari 2020. Antara Foto/ Mansyur Suryana
    Lebak: Warga Kampung Seupang, Kecamatan Sajira, Kabupaten Lebak, Banten yang mengungsi membutuhkan fasilitas kesehatan di sekitar tenda pengungsian. Warga meminta Dinas Kesehatan membuka posko pengobatan di sekitar posko agar pelayanan kesehatan bisa teratasi cepat.

    "Kami berharap petugas kesehatan dapat membuka posko pengobatan," kata Alamat, 60, tokoh masyarakat Kampung Seupang, Kabupaten Lebak, di lokasi pengunsian, Kamis. 13 Februari 2020.

    Alamat menjelaskan tenda-tenda yang ditempati masyarakat Kampung Seupang tersebut tidak layak huni karena terbuat dari terpal dan plastik sehingga jika hujan akan terjadi kebocoran dan
    ??dingin. Namun jika tidak hujan, warga dipastikan kepanasan dari terik matahari.

    Selain itu masyarakat yang tinggal di tenda pengungsian sebanyak 50 tenda dengan sebanyak 290 jiwa dari 70 kepala keluarga. "Mereka tinggal di tenda pengungsian itu jika waktu jangka panjang hingga empat sampai enam bulan berpotensi terserang berbagai penyakit," jelas Alamat.

    Oleh karena itu Alamat berharap Dinas Kesehatan setempat agar kembali membuka posko pelayanan pengobatan agar warga yang tinggal di tenda pengungsian dapat terlayani tenaga medis.

    "Kami merasa bingung jika berobat harus pergi ke Puskesmas dengan jarak cukup jauh dari lokasi tenda pengungsian," ungkap Alamat.

    Sementara Nunung, 30, seorang pengungsi mengaku bahwa dirinya mengeluhkan jika berobat pergi ke Puskesmas Pajagan karena lokasinya cukup jauh dan tidak ada kendaraan.

    Selain itu juga tinggal di tenda pengungsian mengalami kesulitan air bersih dan tidak memiliki sanitasi yang baik dan sehat. "Kami minta petugas kesehatan itu kembali membuka posko pelayanan pengobatan, seperti pada status masa tanggap darurat," harap Nunung.

    Sementara Plh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lebak, Triyatno Supiyono, mengintruksikan kepada petugas Puskesmas Pajagan agar membuka posko pelayanan pengobatan di lokasi tenda pengungsian Kampung Seupang Kecamatan Sajira.

    Saat ini warga Kampung Seupang tinggal di posko pengungsian karena tempat kediaman mereka hilang dan rusak berat akibat diterjang banjir bandang awal tahun 2020.





    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id