25 Daerah di Jatim Masuk Zona Merah Penyebaran Covid-19

    Amaluddin - 08 April 2020 23:31 WIB
    25 Daerah di Jatim Masuk Zona Merah Penyebaran Covid-19
    Ilustrasi: Medcom.id
    Surabaya: Sebanyak 25 dari 38 kabupaten/kota di Jawa Timur masuk zona merah covid-19 (korona). Hingga saat ini, ada 196 orang positif covid-19 (korona) tersebar di 25 daerah itu.  

    "Ada empat daerah dengan pasien korona tertinggi, yakni Surabaya sebanyak 84 pasien, 18 di Sidoarjo, 13 orang masing-masing di Lamongan, Kabupaten Malang," kata Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Rabu, 8 April 2020.

    Artinya, terang Khofifah lebih dari separuh wilayah Jawa Timur sudah masuk zona merah covid-19. 25 wilayah itu di antaranya, Kota Surabaya, Kota Malang, Kota Batu, Kota Blitar, Kota Kediri, Kabupaten Kediri, Sidoarjo, Gresik, Lamongan, Magetan, Malang, Nganjuk, Lumajang, Ponorogo. Kemudian Jombang, Jember, Pamekasan, Blitar, Banyuwangi, Madiun, Bondowoso, Situbondo, Tulungagung, Madiun, dan Tuban.

    "Kabupaten Tuban ini jika kemarin kuning sekarang merah. Jadi hari ini ada tambahan satu daerah zona merah," kata Khofifah.

    Sementara 13 daerah sisanya zero covid-19 atau nihil pasien positif covid-19. Di antaranya yaitu Kabupaten Mojokerto, Bangkalan, Sampang, Sumenep, Probolinggo, Pasuruan, Bojonegoro, Pacitan, Trenggalek, Ngawi, Kota Pasuruan, dan Kota Mojokerto. 

    Dari 13 itu, ada tiga daerah masih berstatus hijau, yang artinya hanya terdapat orang dalam pemantauan (ODP), nihil pasien korona dan pasien dalam pengawasan (PDP). "Daerah yang masih berwarna hijau yaitu Kabupaten Pasuruan, Sampang dan Sumenep," katanya.

    Meski penyebaran korona terus meningkat dan meluas di Jatim, lanjut Khofifah, angka pasien sembuh korona di wilayahnya juga mengalami kenaikan signifikan. Misalnya di Surabaya, dengan jumlah pasien covid-19 terbanyak yakni 84 orang, pasien sembuh ada 23 orang.

    "Sementara di Jatim sampai saat ini total ada 46 orang, atau setara 23,47 persen. Sedangkan pasien meninggal bertambah satu orang dari Tuban, dengan total di Jatim ada 17 orang meninggal," jelasnya. 



    (WHS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id