comscore

Banjir di Jombang Meluas, Ketinggian Air Capai 2 Meter

Clicks.id - 11 Maret 2022 08:25 WIB
Banjir di Jombang Meluas, Ketinggian Air Capai 2 Meter
Ilustrasi banjir. Dok: BNPB
Jombang: Banjir yang merendam sejumlah desa di Kabupaten Jombang, Jawa Timur, meluas. Bahkan ketinggian air mencapai dua meter pada Kamis malam, 10 Maret 2022.

Bencana ini merendam ribuan rumah di Kabupaten Jombang. Banjir sebelumnya merendam delapan desa di tiga kecamatan, kini merembet menjadi lima Kecamatan.
Wilayah terparah berada di Kecamatan Mojoagung. Banjir akibat luapan Sungai Pancir dan Catak Banteng ini membuat ratusan rumah di Kecematan Mojoagung terendam.

Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten (BPBD) Jombang menyebutkan luasan banjir saat ini berada di lima Kecamatan, yakni Kecamatan Plandaan, Ploso, Sumobito, Mojowarno, dan Mojoagung.

"Yang masuk data BPBD sementara ada lima Kecamatan. Kalau di Kecamatan Mojoagung sembilan desa terparah di Desa Kademangan. Ketinggian yang terdalam mencapai dua meter dan tren air saat ini yang masuk masih terus naik," ujar Dantim Operasi BPBD Jombang, Mahfud Yunus, Jumat, 11 Maret 2022.

Baca: Banjir Hingga Longsor Terjang Parungkuda Kabupaten Sukabumi

Di kecamatan Mojoagung, air banjir menggenangi sembilan desa dan di kecamatan lain ada delapan desa. Sementara penyebab banjir, yakni akibat luapan sungai yang tak mampu menampung debit air akibat guyuran hujan yang cukup deras.

Hingga saat ini, ketinggian air di Kecamatan Mojoagung diperkirakan mencapai satu hingga dua meter. Pihak BPBD dan TNI serta Polri kini terus melakukan upaya evakuasi warga ke tempat lebih aman.

(NUR)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id