comscore

Wisatawan Malioboro Diminta Tetap Pakai Masker

Ahmad Mustaqim - 18 Mei 2022 17:43 WIB
Wisatawan Malioboro Diminta Tetap Pakai Masker
Ilustrasi. Pengendara melintas di kawasan Tugu Pal Putih, Yogyakarta, Senin (21/12/2020). ANTARA FOTO/ Hendra Nurdiyansya
Yogyakarta: Kawasan wisata Malioboro di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tetap memberlakukan pemakaian masker bagi para wisatawan. Pasalnya, Malioboro merupakan salah satu lokasi pertemuan manusia dari berbagai daerah.

"Kalau ke Malioboro kami menyarankan lebih baik memakai (masker) saja demi keamanan bersama," kata Sekretaris Daerah Pemerintah DIY, Kadarmanta Baskara Aji di Yogyakarta, Rabu, 18 Mei 2022.
Ia mengatakan penggunaan masker di Malioboro disarankan saat kondisi sangat ramai, seperti pada libur akhir pekan. Meskipun, kata Kadarmanta, penggunaan masker di Malioboro tidak dibuat aturan khusus. Saat kondisi tidak ramai tetap dibolehkan melepas masker.

Kadarmanta menilai kebijakan pelonggaran tanpa masker di luar ruangan diputuskan dengan sejumlah pertimbangan, termasuk kajian dari penanganan covid-19. Ia menilai tingginya capaian vaksinasi telah menguatkan kekebalan masyarakat dan berimbas pada rendahnya tambahan kasus covid-19, termasuk di DIY.

Baca juga: Bupati Malang Sarankan Warga Tetap Pakai Masker

"Saat kami pantau setelah adanya kerumunan libur Lebaran itu juga tidak ada peningkatan signifikan. Semoga saja memang sudah tidak ada penularan," ujarnya.

Ia menambahkan kebijakan yang diputuskan Presiden Joko Widodo bisa saja tak dilakukan bila ada masyarakat yang masih nyaman memakai masker saat di luar ruangan. Terlepas dari itu, ia mengingatkan masyarakat mengutamakan kehati-hatian dalam memutuskan tidak memakai masker di luar ruangan, khususnya saat di keramaian.

"Jadi luar ruangan sekalipun kalau banyak orang ya sebaiknya memakai. Tetapi kalau memang yakin bahwa aktivitasnya tidak banyak berkumpul orang ya silakan saja karena memang sudah diperbolehkan," jelasnya.

(MEL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id