comscore

32 Desa di Kabupaten Batang Gelar Pilkades Serentak

MetroTV - 18 Mei 2022 16:33 WIB
32 Desa di Kabupaten Batang Gelar Pilkades Serentak
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dispermades) Rusmanto.
Batang: Puluhan desa di Kabupaten Batang, Jawa Tengah, saat ini tengah melaksanakan tes seleksi calon kepala desa. Bagi desa yang memiliki calon lebih lima orang akan melaksanakan tes tertulis.

Tes ini untuk mendapatkan lima calon kepala desa terbaik. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dispermades) Rusmanto mengatakan ketentuan ini sesuai dengan regulasi pemilihan kepala desa yang berlaku.
"Manakala terjadi kelebihan kuota pendaftaran, pihak panitia mengharuskan tes seleksi supaya bisa mengikuti pemilihan kepala desa ke tahap selanjutnya. Di mana pelaksanaannya berupa tes tertulis dengan sejumlah materi soal yang sudah disiapkan oleh panitia tingkat kabupaten," jelas Rusmanto, Batang, Jawa Tengah, Rabu, 18 Mei 2022.

Ia menuturkan materi soal sudah disiapkan Dispermades sebanyak 60 soal. Soal meliputi wawasan kebangsaan, pemerintahan desa, Bahasa Indonesia, pengetahuan umum, dan psikotes.

"Lama pengerjaannya 45 menit," ucap dia.

Saat ini, ada 91 calon kepala desa yang menjadi kontestan pada pilkades serentak yang akan dilaksanakan pada tanggal 29 Mei 2022.

Baca: Ogan Komering Ulu Siapkan Pilkades Serentak dengan Prokes Ketat

"Dari 32 desa yang saat ini melangsungkan pilkades serentak yang tersebar di 15 kecamatan, hanya satu desa yang mengharuskan adanya tahap tes seleksi tertulis, dikarenakan pendaftar lebih dari lima peserta, yakni di Desa Lebo Grinsing," ujar Rusmanto.

Sementara itu, Ketua Panitia Pilkades Lebo Grinsing Ahmad Muslih mengatakan pihaknya terpaksa membuka pendaftaran dua gelombang. Pembukaan pertama hanya terdapat lima pendaftar dan setelah dilakukan verifikasi administrasi hanya satu pendaftar yang lolos.

“Kemudian pada pembukaan kedua, setelah Lebaran, terdapat sembilan pendaftar dan satu orang terdiskualifikasi dikarenakan tidak menyelesaikan pemberkasan,“ kata Ahmad. (Yuchri Prabudi)

(NUR)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id