comscore

Ormas di Jabar Ikrar Jaga Kerukunan

Deny Irwanto - 17 Februari 2022 23:04 WIB
Ormas di Jabar Ikrar Jaga Kerukunan
Pimpinan Moonraker, Garda Bangsa Reformasi (GBR), XTC, dan organisasi kepemudaan Brigez, melakukan deklarasi damai. Dokumentasi/ Istimewa
Bandung: Pihak kepolisian menggelar acara silaturahmi dengan Organisasi Massa (Ormas), Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), dan Organisasi Kemasyarakatan dan Pemuda (OKP). Acara yang berlangsung di Bumi Sangkuriang, Kota Bandung, Jawa Barat,  itu melibatkan Moonraker, Garda Bangsa Reformasi (GBR), XTC, dan organisasi kepemudaan Brigez.

"Kami ingin Ormas, LSM dan OKP menjaga Kamtibmas diwilayah Bandung dan taat Prokes guna menjaga diri dalam situasi pandemi covid-19 dan yang lebih penting lagi menjaga sinergi antar Ormas, LSM dan OKP di Bandung guna mencegah terjadinya gesekan antar elemen tersebut," kata salah seorang perwakilan Polri, Kompol Fery, Kamis, 17 Februari 2022.
Baca: Persaudaraan Borneo Gemilang Dukung La Nyalla Jadi Capres 2024

Fery juga mengajak para ketua dari masing-masing Ormas, LSM dan OKP untuk mengikrarkan salam perdamaian dan mencari akar masalah terjadinya bentrokan.

Hal tersebut dilakukan guna mempererat tali silaturahmi antar elemen yang dikemas dalam bingkai silaturahmi dalam merajut persaudaraan dan kerukunan di Jawa Barat.

"Kami juga ingin mengajak Bapak-bapak Ketum agar menyampaikan salam perdamaian antar Ormas, LSM dan OKP guna mengetahui permasalahan di kalangan bawah kenapa terkadang masih terjadi gesekan dan bentrok," jelasnya.

Menanggapi hal tersebut, para ketua dari empat elemen, yakni Ormas Moonraker, LSM Garda Bangsa Reformasi (GBR), Ormas XTC dan organisasi kepemudaan Brigez pun sepakat untuk menjaga perdamaian dan keamanan di wilayah Jawa Barat.

Ketum XTC Kota Bandung, Donny Akbar alias Popot, yang diwakili oleh Fajar angkat topi untuk pihak kepolisian yang sudah mau menggelar acara silaturahmi ini.

Menurutnya kegiatan silaturahmi ini rutin dilakukan dapat mempererat tali persaudaraan antar elemen Ormas, LSM dan OKP.

"Kami ingin sinergi dan perkumpulan seperti ini rutin dilakukan guna mempererat tali persaudaraan antar elemen Ormas Moonraker, LSM Garda Bangsa Reformasi (GBR), Ormas XTC dan organisasi kepemudaan Brigez," kata Fajar.

Sementara Ketum Moonraker Pandjie Sindhubrata, Rusdi, mengaku setuju dengan saran yang disampaikan oleh XTC jika ada gesekan antara elemen di wilayah Jawa Barat.

Pandjie hanya menambahkan untuk membuat sebuah Diklat antar empat elemen Ormas, LSM dan OKP, agar akar tali persaudaaran selalu erat terjalin.

"Kami sangat mendukung ucapan dari Ketum XTC apabila di keempat elemen ada anggota yang melakukan kesalahan tidak usah adanya aksi balas dendam namun seleseikan kepada pihak yang berwajib/Polri untuk menyeleseikan," jelasnya.

Hal yang sama juga disetujui oleh Ketum GBR (Garda Bangsa Reformasi) Stepanus Gultom alias Deon dan Sekjen Briggez, Andri Vey.

"Alangkah baiknya kita semua membuat perlombaan Rod Rice dengan mengutamakan 4 (empat) pilar sebagai penyelenggara guna membuktikan kepada seluruh masyarakat bahwa Komunitas 4 elemen sudah terjalin khemistry satu sama lain," ujar Stepanus Gultom yang juga disetujui oleh Andri Vey.

(DEN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id