comscore

Banjir Melanda Kecamatan Grogol Kediri

Antara - 21 Januari 2022 00:31 WIB
Banjir Melanda Kecamatan Grogol Kediri
Petugas BPBD mengevakuasi warga terdampak banjir di Kecamatan Grogol-Banyakan, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, Kamis, 20 Januari 2022. ANTARA Jatim/ HO-warga
Kediri: Banjir melanda sejumlah desa di Kecamatan Grogol, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, hingga membuat aktivitas warga sempat terganggu.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kediri, Slamet Turmudi, mengatakan musibah itu melanda empat desa di Kecamatan Grogol yakni Desa Jatirejo, Gambyok, Grogol, dan Wonoasri.
"Banjir ini karena curah hujan yang cukup tinggi. Hulunya kan di Gunung Wilis (2.563 meter di atas permukaan laut) lalu ke sungai di bawahnya. Karena sungai tidak mampu menampung debit air, sehingga meluber," kata Slamet di Kediri, Kamis, 20 Januari 2022.

Baca: 50% Anak 6-11 Tahun di OKU Sudah Vaksin Covid-19

Dia mengatakan hujan yang terjadi sejak sore hingga malam ini membuat ketinggian air mencapai 10 sentimer memenuhi jalan raya bahkan masuk ke dalam rumah warga. Ketinggian di areal sawah lebih tinggi lagi sehingga tanaman petani terendam.

Slamet menyebut sebenarnya petugas sudah melakukan normalisasi dua sungai yang melewati empat desa itu, antara lain Sungai Bendo Mongol serta Sungai Krosok. Namun, tingginya curah hujan membuat debit air tidak mampu tertampung ke sungai.

Pihaknya terus memantau perkembangan banjir di beberapa desa Kecamatan Grogol, Kabupaten Kediri tersebut. Anggota juga siaga jika sewaktu-waktu memerlukan evakuasi, karena banjir.

"Dari informasi yang kami terima, airnya sudah mulai surut. Namun, kami tetap siaga," ujarnya.

 

(DEN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id