comscore

Pendakian Gunung Arjuno-Welirang Ditutup

Daviq Umar Al Faruq - 04 Juli 2022 22:15 WIB
Pendakian Gunung Arjuno-Welirang Ditutup
Pencarian peserta lari lintas alam yang dilaporkan hilang di Gunung Arjuno, Desa Wonorejo, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Minggu 3 Juli 2022 malam/istimewa.
Malang: Pendakian Gunung Arjuno dan Gunung Welirang di Jawa Timur, ditutup per hari ini, Senin, 4 Juli 2022, hingga batas waktu yang belum ditentukan. Sebab, pihak UPT Taman Hutan Raya (Tahura) Raden Soerjo kini tengah fokus melakukan pencarian seorang peserta maraton lintas alam yang hilang di Gunung Arjuno.

"Iya (ditutup). Semua (pintu masuk jalur pendakian)," kata Kepala UPT Tahura Raden Soerjo, Ahmad Wahyudi, saat dikonfirmasi, Senin 4 Juli 2022.
Sebagai informasi, ada empat pintu masuk jalur pendakian Gunung Arjuno-Welirang. Yakni pintu masuk Tretes, Tambaksari, Lawang, dan Sumber Brantas. Saat ini keempat pintu masuk jalur pendakian tersebut ditutup sementara.

"Jadi sehubungan dengan adanya korban hilang dan belum ditemukan dari kegiatan Mantra Summits Challenge ini, sementara pintu pendakian ke Arjuno-Welirang ini ditutup sampai batas yang belum ditentukan, supaya kami fokus ke pencarian," kata Kasi Perlindungan UPT Tahura Raden Soerjo, Ajat Sudrajat.
 
Baca: 3 Tim Dikerahkan Cari Peserta Maraton yang Hilang di Gunung Arjuno

Ajat menerangkan, seluruh personel yang menjaga pintu masuk jalur pendakian kini dikerahkan untuk mencari keberadaan penyintas. Sejauh ini UPT Tahura Raden Soerjo telah menerjunkan tiga tim Search and Rescue Unit (SRU) untuk mencari keberadaan penyintas.

"Sampai dengan saat ini dari kami Tahura sudah tiga tim yang diturunkan. Dua tim dari Lawang kemudian, satu tim dari Sumber Brantas. Kemudian tadi sudah ada tambahan dari relawan satu tim lagi, sudah naik," ungkapnya.

Ajat mengaku, hingga saat ini sudah tidak ada lagi pendaki yang masuk ke jalur pendakian di pintu masuk Lawang. Selain itu, seluruh pendaki pun telah dipastikan telah turun dari kawasan pendakian.

"Kalau yang masuk lewat sini, sudah nggak ada. Tapi kami belum ngecek di pintu lainnya
harus di cek dulu. Cuma yang masuk sekarang masih close, belum kita buka. (Pendaki) dari Lawang sudah turun semua," imbuhnya.

Sebagai informasi, Gunung Arjuno-Welirang secara administratif terletak di perbatasan Kota Batu, Kabupaten Malang, dan Kabupaten Pasuruan. Gunung Arjuno merupakan gunung tertinggi kedua di Jawa Timur, dengan ketinggian mencapai 3.339 meter di atas permukaan laut (mdpl). Sementara untuk Gunung Welirang, memiliki ketinggian 3.156 mdpl.

Gunung Arjuno, terletak bersebelahan dengan Gunung Welirang, termasuk Gunung Kembar I, dan Gunung Kembar II. Puncak Gunung Arjuno terletak dalam satu punggungan yang sama dengan puncak Gunung Welirang, dan lebih dikenal sebagai kompleks Arjuno-Welirang.

Sebelumnya diberitakan, seorang peserta lari lintas alam dilaporkan hilang di Gunung Arjuno, Desa Wonorejo, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Minggu 3 Juli 2022 malam. Korban hilang tersebut diketahui bernama Yurbianto, 46, warga Jakarta Utara, DKI Jakarta.

Yurbianto diketahui merupakan salah satu peserta lomba lari lintas alam yang digelar oleh Malang Trail Runners (Mantra Runners), yakni Mantra Summits Challenge (MSC) 2022. Yurbianto tercatat sebagai peserta di kategori 116 kilometer dengan total elevasi 8.050 meter.

(WHS)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id