comscore

Lampung Kebut Perekaman Data Kependudukan Warga Difabel

Antara - 25 Juni 2022 13:33 WIB
Lampung Kebut Perekaman Data Kependudukan Warga Difabel
Ilustrasi-Layanan perekaman data kependudukan penyandang disabilitas di Lampung. (ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi)
Bandarlampung: Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Lampung mempercepat perekaman data kependudukan penyandang disabilitas di wilayahnya supaya bisa selesai sebelum Pemilihan Umum Tahun 2024.

"Tahun ini diusahakan sampai 2024 pelaksanaan perekaman dokumen kependudukan bagi penyandang disabilitas akan dipercepat," kata Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Lampung Achmad Sefulloh di Bandar Lampung, Sabtu, 25 Juni 2022.
Ia mengatakan, percepatan perekaman data kependudukan penyandang disabilitas dilakukan agar semua penyandang disabilitas yang telah berusia 17 tahun lebih bisa menggunakan hak pilih pada pemilihan umum.

Menurut dia, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil bekerja sama dengan instansi pemerintah terkait serta pengelola sekolah luar biasa (SLB) untuk mempercepat perekaman data kependudukan penyandang disabilitas.

Baca juga: Dukcapil Ganti Dokumen Kependudukan 3.549 KK Korban Gempa Sulbar

"Kita akan jemput bola ke lokasi jika telah mendapatkan informasi terkait, sehingga kita bekerja sama dengan yayasan, SLB, dinas terkait, dan juga RT/RW," katanya.

"Di desa, harapannya (perekaman data) bisa lebih maksimal karena ada smart village (desa cerdas). Jadi kita bisa lebih cepat mendapatkan informasi penyandang disabilitas karena mereka memiliki data secara online sehingga tinggal datang jemput bola ke lokasi," ia menambahkan.

Pemerintah provinsi menargetkan sekitar 6.000 penyandang disabilitas yang ada di Provinsi Lampung memiliki dokumen kependudukan.

"Keinginan dan juga harapannya 6.000 orang penyandang disabilitas dapat memiliki dokumen kependudukan seperti KTP bagi yang telah berusia 17 tahun, Kartu Identitas Anak (KIA), dan kartu keluarga," katanya.

(MEL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id