comscore

Pengeras Suara Masjid Enggak Usah Diurusin Menteri Lah

Hendrik Simorangkir - 24 Februari 2022 14:46 WIB
<i>Pengeras Suara Masjid Enggak Usah Diurusin Menteri Lah</i>
Seseorang sedang memasang pengeras suara di sebuah masjid. AFP/C Mahyuddin
Tangerang: Ketua harian Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Al Azhom, Kota Tangerang, Banten, Chaerudin, mengatakan masyarakat di lingkungannya tidak terpengaruh aturan pembatasan volume azan.

Menurutnya pengeras suara di tiap masjid di Kota Tangerang sudah sesuai sebelum adanya Surat Rdaran Menteri Agama Nomor 5 Tahun 2022. 
"Selama ini tidak ada keluhan dan tidak pernah dipermasalahkan dari masyarakat soal volume itu," ujarnya, Kamis, 24 Februari 2022.

Menurut Chaerudin, khusus di Masjid Al Azhom, pengeras suara hanya dipakai saat pengajian sehingga tidak menganggu masyarakat. Kendati demikian, ia sepakat suara azan yang dikumandangkan mesti jelas dan bagus.

"Ya sepakat, tapi harus jelas (suaranya). Di Al Azhom sebelum azan sekitar 5-10 menit baca alquran, kalau ada pengajian pakai pengeras suara dalam," terang dia.

Baca juga: Warga Palembang Diingatkan Tak Lakukan Aksi Borong Minyak Goreng

Chaerudin melanjutkan pihaknya sudah menyampaikan kepada pengurus terkait surat edaran Kementerian Agama tentang aturan penggunaan pengeras suara di masjid maupun musala. Sejauh ini, kata dia, tak ada persoalan.

"Tapi harusnya urusan pengeras suara masjid enggak usah (diurusin) Menteri lah, kan ada bawahannya. Biar mereka yang urus," ungkapnya.

Sebelumnya, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatur pengeras suara masjid. Panduan ini upaya meningkatkan ketenteraman, ketertiban, dan keharmonisan antar warga masyarakat.

Yaqut mengatakan penggunaan pengeras suara di masjid dan musala kebutuhan bagi umat Islam sebagai salah satu media syiar Islam di tengah masyarakat. Tapi di sisi lain, masyarakat Indonesia juga beragam, baik agama, keyakinan, latar belakang, dan lainnya, sehingga diperlukan upaya demi merawat persaudaraan dan harmoni sosial. 

(MEL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id