Penyaluran BLT Dana Desa Tahap V Penajam Rampung 90 persen

    Antara - 13 November 2020 06:13 WIB
    Penyaluran BLT Dana Desa Tahap V Penajam Rampung 90 persen
    Ilustrasi bantuan langsung tunai. Medcom.id/M Rizal
    Penajam: Penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa tahap kelima di 30 desa di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, hampir rampung. Bantuan sudah diterima sebagian besar keluarga penerima manfaat (KPM).

    "Kemajuan penyaluran BLT DD tahap lima sudah mencapai 90 persen dari 30 desa," ujar Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Penajam Paser Utara, Nurbayah ketika ditemui di Penajam, Kaltim, Kamis, 12 November 2020.

    Beberapa desa, kata Nurbayah, sudah mulai menyalurkan bantuan sosial bersumber dari dana desa tahap keenam. Desa yang menyalurkan BLT tahap keenam tersebut rata-rata memiliki KPM di bawah 100 penerima, kecuali Desa Api-Api dan Wonosari.

    Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) menginstruksikan penyaluran BLT DD tahap kelima dan keenam dapat dilakukan dalam satu bulan.

    "Untuk perpanjangan penyaluran BLT DD tahap tujuh, delapan, dan sembilan ditargetkan selesai sampai Desember 2020," ucap Nurbayah.

    Baca: BLT Dana Desa Capai Rp37 Triliun, Berikut Rinciannya

    DPMD Kabupaten Penajam Paser Utara meminta pemerintahan desa yang telah rampung menyalurkan BLT DD tahap kelima segera melakukan rapat pembahasan Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) Perubahan 2020.

    Pemerintahan desa untuk segara membahas APBDes Perubahan 2020 tersebut untuk persiapan penyaluran bantuan sosial bersumber dari dana desa tahap tujuh, delapan, dan sembilan. Ia berharap penyaluran bantuan sosial senilai Rp300.000 untuk masing-masing KPM di-30 desa tersebut dapat disalurkan tepat waktu.

    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id