TPA Batal Diperluas, Pemkab Kudus Optimalkan Bank Sampah

    Antara - 08 April 2021 09:52 WIB
    TPA Batal Diperluas, Pemkab Kudus Optimalkan Bank Sampah
    Aktivitas penimbunan sampah di TPA Tanjungrejo, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. (ANTARA/Akhmad Nazaruddin Lathif)



    Kudus: Pemerintah Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, hanya bisa mengoptimalkan keberadaan bank sampah yang tersebar di berbagai desa untuk meminimalkan sampah yang dibuang ke tempat pembuangan akhir (TPA) Tanjungrejo, menyusul tertundanya perluasan lahan TPA.
     
    "Seharusnya tahun ini mendapatkan anggaran Rp5,5 miliar untuk perluasan lahan TPA karena sudah tidak mampu menampung sampah. Tapi adanya perubahan aturan anggaran akhirnya perluasan lahan batal dilakukan tahun ini," kata Kepala Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (PKPLH) Kudus, Agustinus Agung Karyanto, Kamis, 8 April 2021.
     
    Anggaran yang hendak digunakan untuk perluasan tersebut, kata dia, merupakan dana bagi hasil cukai hasil tembakau (DBHCHT). Sedangkan tahun ini ada aturan yang melarang penggunaan anggaran untuk kegiatan fisik.

    Baca juga: Vaksinasi Covid-19 di Buleleng Melampaui Target






    PKPLH Kudus pun hanya bisa memaksimalkan keberadaan bank sampah dengan harapan di level masyarakat ada upaya pemilahan untuk dimanfaatkan kembali sehingga sampah yang dibuang ke TPA juga berkurang.

    "Saat ini Jumlah bank sampah tercatat ada 36 titik," imbuh Agustinus.
     
    Ia menambahkan Dinas PKPLH Kudus sendiri sudah menyusun studi kelayakan (feasibility study/FS) dan bestek gambar kerja detail (detail engineering design/DED) untuk perluasan TPA tersebut. Sedangkan luas lahan sekarang 5,25 hektare dan sejak 1983 belum pernah ada perluasan,

    "Sampah yang ditampung setiap harinya mencapai 125 ton," terangnya. 

    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id