Kakatua Endemik Pulau Sumenep Terancam Punah, Sisa 25 Ekor

    Rahmatullah - 18 November 2020 15:33 WIB
    Kakatua Endemik Pulau Sumenep Terancam Punah, Sisa 25 Ekor
    Burung Kakatua Endemik di Masakambing Sumenep - Medcom.id / Rahmatullah
    Sumenep: Burung Kakatua Kecil Jambul Kuning endemik Pulau Masakambing, Masalembu, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur terancam punah. Burung dengan nama ilmiah Cacatua Sulphurea Abbotti ini hanya tersisa 25 ekor di habitat asalnya. 

    "Sekarang hanya tinggal 25 ekor di Masakambing. Hasil dari pemantauan kami ada satu ekor yang mengeram," kata Kasi Konservasi Wilayah IV Madura, Sumpena, Rabu, 18 November 2020. 

    Sumpena menjelaskan, upaya meningkatkan populasi kakatua itu terus dilakukan dengan melibatkan Pemerintah Daerah dan pihak-pihak terkait. Dalam hal ini peran serta masyarakat juga dibutuhkan. 

    "Semoga dengan upaya-upaya yang telah dilakukan dapat menghindari kakatua ini dari kepunahan. Kita di Masakambing ada petugas yang terus melakukan pengawasan," imbuhnya. 

    Baca: Polisi Selidiki Kegiatan Rizieq di Bogor

    Sementara Sekretaris Daerah Kabupaten Sumenep, Edy Rasiyadi menyatakan, Pemerintah Daerah juga terlibat aktif dalam langkah melestarikan kakatua kecil jambul kuning. 

    Edy menyebutkan upaya meningkatkan populasi dilakukan sejak 2017, hingga sekarang terus dikembangkan. Ia mengakui anggaran untuk kepentingan itu tidak begitu maksimal. Namun ia harapkan dapat berimbas baik untuk pelestarian burung tersebut. 

    Ia mengatakan, organisasi perangkat daerah (OPD) Pemerintah Kabupaten Sumenep dalam hal ini juga dilibatkan. Salah satunya memprogramkan sarana prasarana pendukung. 

    "Yang kita perlu perhatikan bagaimana perkembangan burung ini karena berada di kawasan permukiman masyarakat setempat," sebutnya.

    (ALB)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id