GeNose C19 Telah Layani 21.530 Calon Penumpang Kereta Api

    Ahmad Mustaqim - 14 Februari 2021 17:36 WIB
    GeNose C19 Telah Layani 21.530 Calon Penumpang Kereta Api
    Ilustrasi layanan tes GeNose C19 di Stasiun Pasar Senen - - Foto: dok Kemendikbud



    Yogyakarta: Alat deteksi covid-19, GeNose C19, telah melayani puluhan ribu penumpang di stasiun kereta api (KA). Jumlah itu akan terus bertambah seiring rencana tambahan pengoperasian alat di sejumlah stasiun.

    "Sepanjang 3-12 Februari 2021, KAI telah melayani 21.530 peserta GeNose C19 di stasiun," ujar Supriyanto, Minggu, 14 Februari 2021. 




    Menurut Supriyanto, PT KAI segera menambah layanan GeNose C19 di enam stasiun mulai 15 Februari. Tambahan keenam stasiun itu yakni Stasiun Gambir, Solo Balapan, Bandung, Cirebon, Semarang Tawang, dan Surabaya Pasar Turi. Biaya Untuk mengakses layanan tersebut sebesar Rp20.000.

    "Dengan tambahan itu nantinya total ada delapan stasiun yang memberikan layanan GeNose. Dua stasiun yang sudah lebih dulu Stasiun Yogyakarta dan Stasiun Pasar Senen," kata dia. 

    Baca juga: Sistem Ganjil Genap di Kota Bogor Jaring 349 Pelanggar

    Ia mengungkapkan, pengguna jasa KA jarak jauh wajib menunjukkan hasil tes negatif deteksi covid-19, baik rapid tes antigen, GeNose C19, atau PCR, sesuai surat edaran Kementerian Perhubungan Nomor 20 Tahun 2021. Supriyanto mengungkapkan, pemeriksaan memakai GeNose C19 di stasiun tetap harus menunjukkan kode pembelian tiket perjelanan KA jarak jauh. 

    "Selama 30 menit sebelum pemeriksaan, calon penumpang dilarang merokok, makan, dan minum, kecuali air putih, untuk meningkatkan akurasi hasil pemeriksaan GeNose C19. Pada saat pemeriksaan calon penumpang diminta mengikuti arahan dari petugas di lokasi," ungkapnya.

    Ia mengingatkan calon penumpang KA jarak jauh harus dalam kondisi sehat sebelum berangkat. Pelanggan KA, kata dia, diimbau mematuhi seluruh protokol kesehatan pencegahan penyebaran covid-19.

    "Penambahan penyediaan layanan ini juga merupakan perwujudan dari dukungan kami memakai alat buatan Indonesia," kata dia.


    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id