Warga Sigi Diingatkan Waspada Cuaca Ekstrem

    Antara - 14 Oktober 2020 21:51 WIB
    Warga Sigi Diingatkan Waspada Cuaca Ekstrem
    ilustrasi Medcom.id
    Sigi: Pemerintah Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, mengingatkan warga waspada terhadap cuaca ekstrem yang diprediksi terjadi hingga Februari 2021. Badan meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pusat telah memperingatkan perlunya kewaspadaan tinggi untuk mengantisipasi bencana alam karena puncak fenomena La Nina di Indonesia akan terjadi mulai Desember 2020-Januari 2021.

    "Berbarengan dengan musim hujan di Januari-Februari 2021. Meskipun puncaknya baru terjadi di Desember 2020, namun La Nina yang mengakibatkan curah hujan tinggi itu sudah terjadi di hampir seluruh wilayah Indonesia pada Oktober 2020 ini," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sigi, Asrul, di Sigi, Rabu, 14 Oktober 2020.

    Baca: Permintaan Izin Hajatan di Tulungagung Meningkat

    Dia menjelaskan termasuk di sejumlah wilayah di Sulteng, salah satunya Kabupaten Sigi, curah hujan masih tinggi sehingga perlu diwaspadai. Menurutnya di Sigi banyak sungai dan setiap kali curah hujan meningkat, sering terjadi bencana banjir dan longsor. Sigi kata dia daerah paling rawan bencana alam banjir dan longsor.

    Dalam kurun tiga tahun terakhir ini telah terjadi beberapa kali banjir bandang di sejumlah wilayah seperti di Kecamatan Kulawi, Dolo Selatan, Dolo dan Gumbasa. "Juga disertai dengan tanah longsor di beberapa titik, termasuk di poros jalan Palu-Kulawi yang selama ini rawan bencana longsor karena struktur tanah labil," jelasnya.

    Menurutnya saat curah hujan meningkat, sering terjadi bencana tanah longsor pada ruas jalan tersebut dan beberapa kali putus total karena badan jalan tertimbun material dan juga ambruk.

    (DEN)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id