Ratusan Pengungsi Erupsi Merapi merupakan Kelompok Rentan

    Media Indonesia.com - 04 Januari 2021 11:24 WIB
    Ratusan Pengungsi Erupsi Merapi merupakan Kelompok Rentan
    Pengungsi bencana erupsi Gunung Merapi di TES Balai Desa Balerante. (Foto: MI/Djoko Sardjono)
    Klaten: Sebanyak 141 jiwa pengungsi erupsi Gunung Merapi merupakan kelompok rentan. Mereka tinggal di tempat evakuasi sementara (TES) di Balai Desa Balerante dan Balai Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Klaten. 

    Hingga Minggu malam, 3 Januari 2021, jumlah pengungsi dilaporkan sebanyak 305 orang. Dari jumlah itu, 227 orang berada di TES Balai Desa Balerante dan 78 pengungsi lainnya di Balai Desa Tegalmulyo.

    Humas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Klaten, Nur Tjahjono Suharto, menyebut kolompok rentan yang ada di barak pengungsian saat ini terdiri dari balita, lansia, anak-anak, ibu hamil, ibu menyusui, dan difabel.

    "Dari 141 pengungsi kelompok rentan, 106 orang di antaranya tinggal di TES Balai Desa Balerante, dan 35 orang di TES Balai Desa Tegalmulyo," kata Nur, Senin, 4 Januari 2021.

    Baca juga: NTT Siapkan Dua Tempat Penyimpanan Vaksin Covid-19

    Ia membeberkan sebanyak 106 orang pengungsi di TES Balai Desa Balerante adalah warga dari kawasan rawan bencana (KRB) III Gunung Merapi yakni Dukuh Sambungrejo 89 orang, Ngipiksari 57 orang, Ngelo tujuh orang, Gondang 36 orang, dan Sukorejo 38 orang.

    Sedangkan 78 pengungsi di TES Balai Desa Tegalmulyo asal Dukuh Canguk 27 orang, Sumur 23 orang, dan Pajegan 28 orang. Tiga dukuh ini juga merupakan kawasan rawan bencana (KRB) III Gunung Merapi. 

    "Warga KRB III melakukan pengungsian setelah BPPTKG Yogyakarta menaikkan status Gunung Merapi dari waspada (level II) menjadi siaga (level III) sejak 5 November 2020," jelas Nur Tjahjono. (Djoko Sardjono)

    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id