Oknum Lurah yang Minta THR Ke Pengusaha Dicopot

    Amir Zakky - 03 Mei 2021 16:43 WIB
    Oknum Lurah yang Minta THR Ke Pengusaha Dicopot
    Kislan, Lurah Jombatan, Jombang, Jawa Timur. Dokumentasi/ istimewa



    Jombang: Bupati Jombang, Jawa Timur, Mundjidah Wahab, mencopot Kislan, Lurah Jombatan lantaran terbukti meminta Tunjangan Hari Raya (THR) dan parcel lebaran 2021 pada sejumlah pengusaha.

    Pencopotan didasarkan pada beberapa petimbangan termasuk kode etik seorang pejabat dan Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam menjalankan tugas.






    "Dengan pertimbangan yang sudah dilaksanakan dan berdasarkan aturan yang ada, diputuskan jabatan Lurah Jombatan yang lama diganti," kata Mundjidah di Pendopo Kabupaten, Jombang, Senin, 3 Mei 2021.

    Baca: Palak Pengusaha Minta THR dan Parsel, Lurah di Jombang Ditegur Bupati

    Mundjidah menjelaskan sesuai perundang-undangan pergantian posisi Lurah Jombatan merupakan bentuk disiplin pada para pejabat di lingkup Pemkab Jombang. Bentuk pelanggaran yang sudah dilakukan lurah tersebut yakni dengan meminta THR dan parcel pada para pangusaha melalui surat resmi.

    "Tindakan itu merupakan tindakan pelanggaran, baik pelanggaran terhadap sumpah pejabat maupan sebagai ASN. Saya terimakasih sudah diberi informasi oleh teman-teman media yang malam-malam mengirim informasi itu pada saya," jelasnya.

    Mundjidah juga meminta agar kejadian serupa tidak terulang. Ia mengingatkan agar seluruh pejabat baik yang lama maupun yang baru tetap bekerja profesional dan tidak melanggar sumpah janji jabatannya.

    "Saya harap Lurah yang baru ini melaksanakan amanat dengan sebaik-baiknya. Sesuai dengan perundang-undangan, sehingga tidak ada lagi kejadian serupa dan berpotensi pada permasalahan hukum," ujarnya.

    Pencopotan Kislan dari jabatan Lurah Jombatan tertuang dalam Surat Keputusan (SK) Bupati Jombang Nomor 188.4.45/236/415.41/2021 tertanggal 03 Mei 2021. Dalam surat itu Kislan dipindah tugas menjadi Kepala Seksi Tata Pemerintahan di Kecamatan Peterongan.

    Sedangkan jabatan Lurah Jombatan kini diisi oleh Indra Pratama, yang sebelumnya menjabat sebagai Kasubbag Otonomi dan Kerja Sama Bagian Adm Setdakab Jombang. Pencopotan jabatan dilakukan secara terbatas di ruang Swagata Pendopo Kabupaten Jombang.

    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id