Angka Stunting di Kabupaten Malang Tembus 11,4%

    Daviq Umar Al Faruq - 31 Maret 2021 12:21 WIB
    Angka Stunting di Kabupaten Malang Tembus 11,4%
    Bupati Malang, M Sanusi, saat berkunjung ke penderita stunting di Gondanglegi Kulon, Kabupaten Malang, Jawa Timur/Humas Pemkab Malang.



    Malang: Angka stunting di Kabupaten Malang, Jawa Timur, saat ini tembus 11,4 persen. Bupati Malang, M Sanusi, menegaskan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang menargetkan angka stunting segera turun.

    "Nanti dari tim Dokter Brawijaya bersama Kepala Puskesmas dan Dinas Kesehatan mengadakan gerakan aksi untuk mengatasi stunting," katanya, Rabu, 31 Maret 2021.






    Ada beberapa faktor yang memengaruhi timbulnya stunting pada anak. Yakni faktor langsung seperti asupan nutrisi dan penyakit infeksi.

    Baca: Angka Stunting Bisa Ditekan dengan Pengetahuaan Ibu Hamil

    Sedangkan faktor tidak langsung yakni pendidikan dan pengetahuan orang tua, pendapatan, distribusi makanan, dan besar keluarga. Faktor ibu seperti postur ibu, jarak kehamilan yang terlalu dekat, pernikahan dini, serta kecukupan gizi saat hamil.

    Sanusi optimistis, angka stunting di Kabupaten Malang bisa turun dua sampai empat persen dalam enam bulan. Upaya yang dilakukan dengan memberikan gizi dan edukasi kepada orang tua.

    "Nanti juga ada pendamping dari KB itu diefektifkan supaya membantu pendampingan dari Gondanglegi ada 300 dan stuntingnya ada 500 kasus berarti satu pendamping dua anak nantinya, karena dengan adanya covid-19 ini sangat berpengaruh terhadap penanganan stunting," jelasnya.

    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id