comscore

Fadli Zon Ungkap Perkataan Bahar Smith Mendekati Kebenaran

P Aditya Prakasa - 07 Juli 2022 20:19 WIB
Fadli Zon Ungkap Perkataan Bahar Smith Mendekati Kebenaran
Sidang lanjutan Bahar bin Smith menghadirkan saksi anggota DPR RI, Fadli Zon, di PN Bandung, Jawa Barat, Kamis, 7 Juli 2022. Medcom.id/ P Aditya Prakasa
Bandung: Anggota DPR, Fadli Zon, menjadi saksi dalam sidang lanjutan dugaan penyebaran berita bohong yang dilakukan oleh Bahar Smith. Fadli Zon membeberkan kesaksian terkait tewasnya enam anggota Laskar Front Pembela Islam (FPI).

Fadli mengatakan telah dimintai bantuan untuk mengeluarkan enam jenazah dari RS Polri Kramat Jati. Dia diminta oleh pihak keluarga karena merasa kesulitan untuk segera memakamkan enam jenazah tersebut.
Setibanya di sana Fadli bertemu dengan pihak keluarga enam jenazah dan juga beberapa pengacara. Dia pun menerima informasi bahwa jenazah belum dikeluarkan dari rumah sakit usai dilakukan autopsi.

"Bertemu juga dengan penasihat hukum Aziz Yanuar dan beberapa tim yang lain menyampaikan situasi dan kondisi waktu itu memang sudah cukup lama dan jenazah lagi di dalam kabarnya sedang diautopsi," kata Fadli saat persidangan di Pengadilan Negeri (PN) Bandung, Kamis, 7 Juli 2022.
 
Baca: Fadli Zon Bersaksi di Sidang Dugaan Penyebaran Hoaks Bahar Bin Smith

Meski permintaan itu sempat ada kendala, kata dia, bersama keluarga korban lalu menunggu hingga ambulan berangkat ke Petamburan pada malam hari menuju pemakaman. Fadli juga ikut ke Petamburan untuk menyaksikan pemakaman.

"Saya waktu itu ikut mengantar ke Petamburan, jadi jenazah yang pertama dibawa saya ikut," jelasnya.

Setibanya di Petamburan, menurut Fadli, dia mendapati satu dari enam jenazah telah dikeluarkan dari peti untuk dimandikan. Ketika itu dia mengaku melihat jenazah itu tak hanya mengalami luka bekas ditembak tapi juga ada luka lebam hingga kulit yang diduga mengelupas. Dia mengaku melihat kondisi jenazah itu dari jarak dekat.

"Iya (lihat) terus saksikan ada lebam, keliatannya ada bekas peluru, tapi ahli itu kan yang menentukan, memang lukanya banyak," ucap Fadli menjawab pertanyaan pengacara Bahar bin Smith.

Kemudian Bahar bertanya kepada Fadli tentang kondisi jenazah anggota laskar FPI yang lain. Fadli mengaku tak melihat secara langsung jenazah yang lain namun sempat melihat di media sosial yang beredar.

Fadli menilai bahwa perkataan Bahar dalam ceramahnya mengenai kondisi enam Laskar FPI tidak sepenuhnya keliru. Dia pun meminta agar dilakukan investigasi lebih lanjut mengenai kasus tersebut.

"Yang disampaikan oleh Habib Bahar itu sangat mendekati kebenaran kalau itu terkait fakta korban KM 50," ungkapnya.

Diketahui dalam kasus itu Bahar didakwa menyebarkan berita bohong terkait dengan ceramah yang disampaikan di Kabupaten Bandung. Lewat ceramahnya itu, Bahar sempat menyinggung mengenai tewasnya enam Laskar FPI.

 

(DEN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id