Jembatan Gantung di Pedalaman Kalsel Ambruk

    11 Mei 2014 12:29 WIB
    Jembatan Gantung di Pedalaman Kalsel Ambruk
    medcom.id, Banjrmasin: Sebuah jembatan gantung di Desa Aluan Bakti, Kecamatan Batubenawa, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan ambruk.

    Ambruknya jembatan sepanjang 50 meter tersebut, akibat kondisi jembatan yang terbuat dari kayu tersebut sudah tua dan putusnya tali sling penyangga jembatan.
    Informasi dihimpun Media, ambruknya jembatan gantung yang menghubungkan Desa Aluan Bakti dan Desa Bakti Seberang ini, terkajadi pada Jumat (9/5) malam.

    Kepala Biro Humas Hulu Sungai Tengah, Ramadhan, Minggu (11/5), membenarkan robohnya jembatan gantung Desa Aluan Bakti di wilayahnya.

    "Kondisi jembatan memang selama ini sudah rusak. Sebenarnya Pemkab telah memprogramkan pembangunan dan perbaikan sejumlah jembatan yang kondisinya mengalami kerusakan,"  tuturnya.

    Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun ambruknya jembatan membuat transportasi antar desa praktis terganggu. Kondisi kerusakan jembatan sendiri sebenarnya sudah terjadi sejak tiga tahun terakhir.

    Melihat kondisi jembatan yang semakin rusak dan miring, belakangan warga mulai jarang menggunakan jembatan tersebut dan memilih menyeberangi sungai menggunakan rakit bambu ditarik tali yang dibuat warga secara swadaya. Tidak hanya di Desa Aluan Bakti, jembatan rusak juga
    terjadi di Kecamatan Labuhan akibat diterjang banjir beberapa waktu lalu.

    Kerusakan jembatan juga terjadi di daerah lain di Kalsel seperti Kabupaten Hulu Sungai Selatan dan Tapin.

    Pantauan Media, sejumlah jembatan gantung di Kecamatan Loksado, Hulu Sungai Selatan yang rusak dan ambruk akibat diterjang banjir hingga kini belum juga diperbaiki.

    Di Kecamatan Candi Laras, Kabupaten Tapin, ambruknya jembatan gantung di wilayah tersebut beberapa waktu lalu menyebabkan dua orang tewas.

    Sebelumnya, Gubernur Kalsel, Rudy Ariffin telah menginstruksikan dilakukannya inspeksi kelaikan seluruh jembatan yang ada di Kalsel.

    Menurut catatan Dinas Pekerjaan Umum Kalsel, ada sekitar 1.000 buah jembatan besar dan kecil yang tersebar di 13 kabupaten/kota. Dari jumlah tersebut sekitar 300 jembatan dalam kondisi rusak dan sudah tidak layak difungsikan karena sudah berumur tua. (Denny S)



    (ADF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id