comscore

197 Narapidana di Tegal Terpapar Covid-19

Kuntoro Tayubi - 12 Agustus 2021 19:00 WIB
197 Narapidana di Tegal Terpapar Covid-19
Kepala Lapas IIB Kabupaten Tegal, Mardi Santoso memberi keterangan kepada wartawan. (Medcom.id/Kuntoro Tayubi)
Tegal: Sebanyak 197 narapidana (Napi) di Lapas IIB Slawi, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, dinyatakan terpapar covid-19. Meski begitu, mereka masih bisa tertangani dan tidak menimbulkan keresahan.

"Awalnya 212 warga binaan yang terpapar, tapi sekarang sisa 197 orang. Tapi mereka hanya OTG (orang tanpa gejala). Sehingga tubuhnya masih terlihat sehat," kata Kepala Lapas IIB Kabupaten Tegal, Mardi Santoso, Kamis, 12 Agustus 2021.
Mardi memastikan, para warga binaan itu terpapar oleh petugas Lapas. Hingga kini, masih ada satu orang petugas yang sedang menjalani isolasi mandiri. 

"Yang pasti, mereka terpapar dari petugas, karena mereka kan tidak pernah keluar dan pembesuk juga sudah ditiadakan sejak 2020. Kalau mau membesuk ya lewat video call," ujarnya.

Baca juga:  1 Kg Tembakau Sintetis Gagal Diedarkan di Makassar

Sejauh ini, para napi yang berjumlah sebanyak 339 orang itu sudah diusulkan untuk disuntik vaksin. Namun, dari jumlah tersebut baru 260 orang yang berhasil divaksinasi. Sedangkan sisanya, 24 orang tidak lolos skrining dan 44 orang belum memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK).

"Alhamdulillah, kami dibantu oleh Bupati, Kapolres, Dandim dan Dinas Kesehatan. Termasuk Puskesmas Kambangan. Sehingga penanganan covid-19 di Lapas ini berjalan dengan baik," ujarnya.

Dia menegaskan, untuk warga binaan yang positif covid-19 dipisah dengan napi yang negatif. Mereka dikelompokan dalam blok yang berbeda. Untuk napi positif di dua blok bagian selatan. Sedangkan napi negatif di blok utara. Kendati positif covid-19, tapi para napi tidak ada yang mengeluh penyakit komorbid. 

"Kami sangat berterimakasih kepada Ibu Bupati, Pak Kapolres, Pak Dandim dan Dinas Kesehatan serta Puskesmas Kambangan. Mereka lah yang membantu dan memberikan dukungan untuk kami. Sehingga masa kritis bisa kami lalui dengan baik," tutupnya.


(MEL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id