426 Nakes di Jatim Meninggal Terpapar Covid-19, Insentif dan Santunan Molor

    Amaluddin - 24 Juli 2021 10:17 WIB
    426 Nakes di Jatim Meninggal Terpapar Covid-19, Insentif dan Santunan Molor
    Ilustrasi / Medcom.id



    Surabaya: Angka kematian tenaga kesehatan (nakes) terpapar covid-19 di Jawa Timur (Jatim) tinggi. Data Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Jatim menyebutkan ratusan nakes meninggal sejak pandemi covid-19

    "Data real kami bersama data Dinkes (Dinas Kesehatan), ada 426 nakes meninggal terpapar covid-19," kata Ketua DPW PPNI Jatim, Nursalam, dikonfirmasi, Sabtu, 24 Juli 2021.

     



    Sebanyak 426 nakes itu terdiri dari 191 perawat, 113 dokter, dan 122 sisanya adalah nakes penunjang lainnya. Baik petugas kebersihan, pemulasaran jenazah, sopir ambulan, dan lainnya. 

    Menurut Nursalam, kematian nakes itu hampir merata tersebar di 38 kabupaten/kota di Jatim. Namun, dia tidak memerinci detail. 

    "Seingat saya kalau perawat yang gugur akibat covid-19, terbanyak dari Kota Surabaya yakni 28 orang. Kalau daerah lainnya kisaran 5-10 orang," bebernya. 

    Baca: Pemkab Sleman Target 70% Warganya Tervaksinasi Selama 2021

    Terkait santunan dan intensif bagi para nakes, Nursalam menyebut baru 19 ahli waris dari 191 perawat meninggal dunia akibat covid-19 yang mendapat santunan. Di satu sisi, pembayaran insentif nakes juga kerap tak tepat waktu. 

    "Bahkan banyak insentif nakes yang belum dibayarkan, meski mereka telah gugur dan meninggal karena terpapar covid-19," terangnya. 

    Oleh karena itu, Nursalam berharap Pemerintah Provinsi Jatim memberi perhatian serius kepada para nakes. Ia juga berharap agar proses vaksinasi covid-19 segera dipercepat dan digencarkan. 
    "Perhatian khusus ke nakes agar insentifnya tidak selalu telat. Lalu vaksinasinya juga harus digencarkan, unlimited," sarannya. 


    (SYN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id