Musim Hujan di Sulteng Diprediksi Berbarengan dengan La Nina

    Antara - 28 Oktober 2021 11:50 WIB
    Musim Hujan di Sulteng Diprediksi Berbarengan dengan La Nina
    Kepala BMKG stasiun Meteorologi Palu, Nur Alim menjelaskan prakiraan cuaca di wilayah Sulawesi Tengah, Kamis 28/10/2021. (Foto: ANTARA/Kristina Natalia)



    Palu: Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Meteorologi Palu memprakirakan, wilayah Sulawesi Tengah (Sulteng) pada November 2021 hingga Februari 2022 akan memasuki musim hujan. BMKG memprediksi musim hujan akan bersamaan dengan fenomena La Nina.

    "Memasuki musim hujan diawal November, Desember 2021, Januari, dan Februari 2022. Prediksi kita tahun ini mengalami fenomena La Nina lagi," jelas Kepala BMKG stasiun Meteorologi Palu, Nur Alim, Kamis, 28 Oktober 2021.

     



    Kata Nur Alim, hal itu akan berdampak dengan tingkat curah hujan yang lebih tinggi dari biasanya. Fenomena La Nina ini diprediksi terjadi pada akhir tahun 2021 dan awal tahun 2022.

    "Curah hujan lebih tinggi daripada biasanya. Peningkatannya bisa sampai 10 sampai 15 persen." tuturnya.

    Baca juga: Peringatan Sumpah Pemuda di Jateng Semarak dengan Pakaian Adat

    Nur Alim mengatakan, fenomena La Nina adalah fenomena alam yang menyebabkan udara terasa lebih dingin atau mengalami peningkatan curah hujan yang tinggi.

    Menurutnya, kewaspadaan perlu ditingkatkan terhadap bencana hidrometeorologi seperti banjir, angin puting beliung, angin kencang, dan longsor yang disebabkan oleh masuknya musim penghujan di Sulteng dan fenomena La Nina itu.

    "Kami harus tetap waspada, khususnya warga yang bermukim di lereng gunung dan bantaran sungai," terangnya.

    Wilayah Sulawesi Tengah pernah dilanda fenomena La Nina pada akhir 2020 hingga awal tahun 2021.

    Sementara dalam tiga hari ke depan hampir seluruh daerah di Sulteng masih akan diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat. BMKG memprediksi hujan tersebut biasa akan turun di waktu siang hingga malam hari.

    Beberapa daerah yang berpotensi diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat tersebut yakni, Kabupaten Sigi, Parigi Moutong, Poso, Banggai, Morowali utara, Morowali dan Toli toli.

    "Biasa itu turunnya hujan siang dan malam sampai dini hari. Sedang atau lebatnya hujan ini biasanya juga tergantung dari topografi wilayahnya," tambahnya.


    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id