Pengendara Nekat Melintasi Tol Kayu Agung-Palembang

    Gonti Hadi Wibowo - 24 November 2019 12:28 WIB
    Pengendara Nekat Melintasi Tol Kayu Agung-Palembang
    Pengendara sepeda motor sedang melintas di ruas tol Kayu Agung-Palembang. Foto: Medcom.id/Gonti Hadi
    Palembang: Pengedara memaksa masuk dan melewati Jalan Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (Terpeka) setelah diresmikan Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu. Kepala Proyek Seksi Satu Tol Palembang-Kayuagung, Gunawan, mengatakan ruas tol tersebut belum bisa dilintasi pengendara. 

    "Setelah peresmian kemarin banyak yang melintas. Mereka mengira ruas tol Kayu Agung- Palembang juga sudah fungsional padahal belum," kata Gunawan, Minggu, 24 November 2019.

    Dia menerangkan PT Waskita Karya selaku kontraktor tol melarang pengendara melewati jalan tol lantaran belum berlaku fungsional. Namun masih banyak masyarakat yang bandel untuk melintasi Tol Kayu Agung-Palembang. 

    Para pengendara, kata dia, nekat membongkar paksa pembatas untuk melewati jalan bebas hambatan tersebut. Dia melanjutkan Tol Kapal Betung dari ruas Palembang-Kayu Agung belum boleh dilintasi masyarakat karena masih membahayakan. 

    Dia mengungkap fasilitas pendukung seperti area rehat, pintu keluar tol, mobil patroli, derek dan perlengkapan lainnya juga belum tersedia. Dalam masa konstruksi ini dikhawatirkan bakal terjadi insiden di jalan.

    "Kami imbau masyarakat mengerti ini masih masa konstruksi, kalau masih tetap nekat ngeri terjadi insiden di jalan. Apalagi perlengkapan pendukung belum siap," jelasnya.

    Dia mengungkap progres Tol Kayu Agung-Palembang sudah memasuki tahapan hampir 100 persen.  Hanya saja pihaknya saat ini masih menunggu uji laik fungsional dari Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT). 

    Dia menerangkan tol akan berlaku fungsional pada libur natal dan tahun baru mendatang. Pemberlakuan jalan tol secara fungsional itu untuk mengurai kemacetan.

    "Kami meminta kepada pengendara untuk bersabar hingga sebelum tanggal 25 November 2019 nanti ruas tol Kayu Agung-Palembang ini akan difungsionalkan dan tidak berbiaya alias gratis untuk beberapa waktu hingga pemerintah menentukan tarif resminya nantinya," tandasnya.



    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id