Perusahaan Digital Serbu DIY

    Patricia Vicka - 05 Desember 2019 16:17 WIB
    Perusahaan Digital Serbu DIY
    Perawatan Plengkung Tarunasura, cagar budaya di Kota Yogyakarta. Foto: ANT/Hendra Nurdiyansyah
    Yogyakarta: Kenaikan upah minimum provinsi (UMP) berdampak positif bagi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Perusahaan besar yang bergerak di bidang digital informasi dan teknologi (IT) beramai-ramai membuka kantor DIY.

    "UMP DIY 2019 sekitar Rp1,5 jutaan. Kalau 2020 Rp1,7 jutaan. Mereka buka kantor di sini karena upah karyawan rendah, tapi banyak tenaga kerja yang berpendidikan tinggi dan melek IT," kata Kepala Disnakertrans DIY Andung Prihadi Santoso melalui sambungan telepon pada Medcom.id di Yogyakarta, Kamis, 5 Desember 2019.

    Para perusahaan digital yang masuk ke Yogyakarta sebagian besar bergerak di bidang gim daring, e-commerce, market place, pembuat aplikasi dan animasi. Mereka mulai membuka kantor sejak 2017. 

    "Gamelove, Shopee dan Google sudah buka cabang di sini. Start up yang bergerak dibidang IT, e-commerce dan gadget juga banyak yang buka di sini," katanya.

    Andung berharap kehadiran perusahaan IT mampu menyerap pengangguran terdidik di wilayahnya. Dia menyebut Yogyakarta sebagai kota pelajar banyak memiliki lulusan sarjana. 

    Selain itu banyak pula perusahaan IT yang bergerak di bidang ekonomi kreatif. Hal ini sesuai dengan arah rencana pengentasan kemiskinan di DIY.

    "Pemda selama ini fokus menciptakan lapangan kerja baru yang padat karya dan yang bergerak di bidang industri kreatif dan pariwisata. Kami harap kehadiran perusahaan IT ini bisa mensejahterakan masyarakat kami," ujarnya.

    Disnakertrans kerap menggelar sejumlah job fair dan pelatihan bidang digital, serta melakukan program permagangan. PIhaknya  kerap hadir dalam sejumlah undangan dari komunitas pelaku industri kreatif dan strart up.

    Disnakertrans mencatat per November 2019, total  4.614 perusahaan di DIY. Dari jumlah tersebut, 504 perusahaan di antaranya masuk dalam kategori perusahaan besar dengan karyawan lebih dari 100 orang. 

    Sementara perusahaan sedang atau yang memiliki 50 hingga 100 pegawai berjumlah 1.160. Sisanya adalah perusahan kecil yang memiliki kurang dari 50 karyawan.



    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id