Tiga Mahasiswa UNP Jadi Tersangka Perusak Foto Presiden

    Antara - 27 September 2019 20:30 WIB
    Tiga Mahasiswa UNP Jadi Tersangka Perusak Foto Presiden
    Ilustrasi - Medcom.id.
    Padang: Tiga mahasiswa Universitas Negeri Padang (UNP) ditetapkan jadi tersangka perusakan saat aksi berujung anarkistis di DPRD Sumatra Barat, pada Rabu, 25 September 2019. Ketiganya diduga merusak berdasarkan barang bukti yang ditemukan petugas di lokasi.

    "Kita tetapkan tiga tersangka perusakan yakni Tafkirul Ikhlas, Dicki Akhdhan, dan Jufri Gusrianto," kata Direktur Reserse Umum Polda Sumbar Kombes Onny Trimurti Nugroho di Padang, Jumat, 27 September 2019. 

    Dia menerangkan barang bukti yang menyeret tersangka di antaranya baju, pecahan kaca, kamera pemantau dan lainnya. Onny mengungkap tersangka Tafkirul Ikhlas diduga menurunkan foto presiden dari ruang sidang utama DPRD Sumatra Barat dan merusaknya.

    Tersangka Dicki Akdhan diduga mencoret dinding dan kaca gedung DPRD Sumbar menggunakan cat. Terakhir, tersangka Jufri Gusrianto diduga melakukan perusakan dengan menggambar dinding kantor DPRD Sumbar.

    "Ketiga pelaku ini kita tahan karena perbuatan tersebut," ujarnya.

    Ketiga tersangka disangkakan pasal 170 KUHP tentang perusakan barang dengan ancaman pidana kurungan lebih dari lima tahun. Dia menerangkan pihaknya masih mengembangkan kasus untuk menangkap pelaku lain. 

    "Mahasiswa itu tentu harus mempertanggungjawabkan perbuatan mereka secara hukum," jelasnya.

    Dia mengatakan pelaku mengakui sebagai sosok yang ada di video yang viral di masyarakat saat menurunkan dan merusak foto Presiden Joko Widodo. 

    "Pelaku ini mengakui perbuatannya menurunkan dan merusak foto tersebut. Menurutnya aksi tersebut dilakukan secara spontan," tandasnya. 

    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id