Status Gunung Anak Krakatau Masih Waspada

    Antara - 21 Oktober 2019 16:05 WIB
    Status Gunung Anak Krakatau Masih Waspada
    Aktivitas Gunung Anak Krakatau saat erupsi. Foto: ANT/MUHAMMAD ADIMAJA
    Bandung: Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menyatakan status Gunung Anak Krakatau masih berada pada Level II (Waspada). Aktivitas vulkanik Gunung Anak Krakatau terpantau masih relatif tinggi.

    Kepala PVMBG, Kasbani, menyebut setelah statusnya diturunkan dari Level III (Siaga) pada 25 Maret 2019, saat ini erupsi di Anak Krakatau masih terjadi dengan kolom abu hingga mencapai 300 meter dari dasar kawah. 

    "Berdasarkan hasil pengamatan dan analisis data visual maupun instrumental hingga hari ini, tingkat aktivitas Anak Krakatau dinilai masih berada pada Level II Waspada," kata Kasbani di Kantor PVMBG Badan Geologi, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Senin, 21 Oktober 2019.

    Hingga Minggu, 20 Oktober 2019, aktivitas yang relatif tinggi juga ditandai dengan terekamnya gempa, erupsi serta tremor yang menerus. Dia menilai tanda tersebut menunjukkan masih adanya suplai magma serta pelepasan fluida ke permukaan kawah.

    Dia mengungkap data deformasi serta tiltmeter menunjukkan aktivitas fluktuasi yang berkaitan dengan sumber tekanan di permukaan kawah akibat pelepasan gas atau letusan kecil. Letusan yang terjadi masih bersifat freatik dan surtseyan.

    "Evaluasi menerus tetap dilakukan untuk mengantisipasi tingkat aktivitas dan potensi ancaman erupsi," imbuhnya.

    Dia menyimpulkan potensi erupsi atau letusan masih bisa terjadi dengan intensitas kecil. Selain itu, material letusan yang membahayakan menurutnya hanya sebatas di wilayah kawah. 

    "Direkomendasikan masyarakat atau pengunjung tidak beraktivitas atau mendekati Gunung Anak Krakatau dalam radius 2 kilometer," tandasnya.



    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id