Kota Bandung dan Kabupaten Bandung Masuk Zona Merah Covid-19

    Roni Kurniawan - 24 Juni 2021 22:03 WIB
    Kota Bandung dan Kabupaten Bandung Masuk Zona Merah Covid-19
    Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Medcom.id/ Roni Kurniawan



    Bandung: Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (Emil), menyebut Kota Bandung dan Kabupaten Bandung masuk ke dalam kategori zona merah tingkat penyebaran covid-19.

    Sebelumnya Emil mengungkapkan Kabupaten Bandung Barat dan Kabupaten Bandung berstatus zona merah atau risiko tinggi berubah status menjadi zona oranye atau risiko sedang. Namun perubahan status terjadi dalam kurun waktu 24 jam yang menyatakan Kota Bandung dan Kabupaten Bandung masuk zona merah.

     



    Baca: Warga Trenggalek Dapat Hadiah Kambing Usai Vaksin Covid-19

    Hal tersebut diungkapkan Emil melalui akun Instagram pribadi @ridwankamil pada Kamis malam sekitar pukul 20.30 WIB. Mantan Wali Kota Bandung tersebut mengunggah peta penyebaran covid-19 Jabar yang mayoritas zona oranye dan hanya dua daerah yang berstatus zona merah yakni Kota Bandung dan Kabupaten Bandung.

    "BEWARA. Mohon maaf berita tidak enak lagi. Per tanggal 24 Juni 2021, di minggu ini zona merah di Jawa Barat adalah Kota Bandung dan Kabupaten Bandung," tulis Emil dalam akun Instagram @ridwankamil.

    Dalam unggahan tersebut Emil melarang wisatawan untuk datang ke dua daerah tersebut hingga sepekan kedepan. Bahkan melarang kegiatan yang bersifat tidak mendesak dilakukan yang mengakibat penyebaran covid-19.

    "Wisatawan dan tamu yang kegiatannya tidak esensial dimohon untuk tidak mendatangi wilayah ini sampai 7 hari kedepan," jelas Emil.

    Emil juga mengimbau warga yang tinggal di dua daerah tersebut untuk melakukan pekerjaan dari rumah atau work from home (WFH). Petugas di dua daerah tersebut pun diminta untuk gencar melakukan sosialisasi protokol kesehatan guna menekan penyebaran covid-19.

    "Warga di 2 wilayah ini mohon memaksimalkan kegiatan dirumah masing-masing. Kurangi pergerakan sekunder apalagi tersier. Kepada aparat setempat mohon terus mengedukasi prokes dan menindak sesuai prosedur dan persuasif terkait prokes 5M," ungkap Emil.

    Sementara 25 kabupaten/kota lainnya saat ini masih masuk status zona orange. Akan tetapi Emil mengingatkan tetap siapa yang menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro.

    "25 wilayah lainnya tetap siaga, dan terus berupaya untuk menurunkan BOR RS Covid dengan menguatkan PPKM Mikro dan isolasi non rumah sakit. Terima kasih," ujar Emil.
     

    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id