Sebulan Tak Hujan, Gunungkidul Diterpa Kekeringan

    Ahmad Mustaqim - 04 Juni 2021 18:11 WIB
    Sebulan Tak Hujan, Gunungkidul Diterpa Kekeringan
    Sejumlah warga mengambil air di tengah Telaga Tritis yang mulai mengering di Dusun Njaten, Ngestirejo, Tanjungsari, Gunung Kidul, Yogyakarta, Rabu (7/9). FOTO ANTARA/Noveradika. (Ahmad Mustaqim)



    Gunungkidul: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), menyebut sejumlah wilayah mulai alami krisis air bersih. Situasi ini terjadi setelah sekitar satu bulan tidak hujan atau memasuki musim kemarau

    "Ada tiga kapanewon (kecamatan) yang melaporkan mulai kekeringan, yakni Panggang, Saptosari, dan Tepus," ujar Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Gunungkidul, Edy Basuki dihubungi, Jumat, 4 Juni 2021. 

     



    Edy menjelaskan tiga kecamatan itu melaporkan detail beberapa wilayah yang mulai kekurangan air bersih. Ada ribuan warga di tiga kecamatan itu kini kesulitan memperoleh air bersih. 

    Menurut Edy, ada sejumlah kecamatan lain yang mulai alami kondisi serupa. Salah satunya Kecamatan Gurisubo yang sempat mengirimkan surat. Namun, surat itu ditarik karena akan ada perbaruan data. 

    "Kemudian (kecamatan) Rongkop dan Semin. Ini baru secara lisan. (Wilayah kekeringan) kemungkinan akan bertambah," lanjut dia. 

    Baca: 962 Calon Jemaah Haji Kota Malang Gagal Berangkat Tahun ini

    Edy mengungkapkan wilayah yang mulai kekeringan sekarang mulai membeli air dari tangki swasta. Ia menyebut, warga membeli satu tangki air bersih dengan ukuran lima kubik seharga Rp120 ribu hingga Rp200 ribu. 

    Pihaknya sudah merencanakan memasok bantuan air bersih. Bantuan itu diutamakan untuk daerah yang kesulitan mengakses air bersih. 

    "Anggaran yang kami siapkan sekitar Rp700 juta atau 2.200 tangki (air bersih). Kami harapkan ini bisa mencukupi selama kemarau tahun ini," tutur dia. 

    (SYN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id