Antisipasi Lonjakan Kasus Covid-19, Seluruh Objek Wisata di Jepara Ditutup

    Rhobi Shani - 04 Juni 2021 16:19 WIB
    Antisipasi Lonjakan Kasus Covid-19, Seluruh Objek Wisata di Jepara Ditutup
    Bupati Jepara, Dian Kristiandi, di ruang kerjanya. Medcom.id/ Rhobi Shani.



    Jepara: Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara, Jawa Tengah, menutup seluruh objek wisata selama 11 hari ke depan. Itu untuk mengantisipasi lonjakan kasus covid-19.

    Bupati Jepara, Dian Kristiandi, mengatakan keputusan itu dikarenakan angka kasus covid-19 terus meningkat di Bumi Kartini. Apalagi, objek wisata menjadi salah satu lokasi yang sangat mudah mengundang kerumunan massa sehingga meningkatkan risiko penularan covid-19. 

     



    "Melihat tren kenaikan, saya khawatir kalau kita tidak membatasi kegiatan, termasuk wisata nanti akan sulit dikendalikan,” ujar Dian, Jumat, 4 Juni 2021.

    Bila angka kasus covid-19 terus meningkat dan keadaan sulit dikendalikan, penutupan tempat wisata akan diperpanjang. Bahkan, bila kondisi penyebaran kian parah, pembatasan juga akan diterapkan untuk semua kegiatan masyarakat.

    "Tapi semoga saja tidak terjadi," harap Dian.

    Pengetatan kegiatan masyarakat mengacu pada mekanisme Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro. Yaitu mendasarkan zonasi wilayah yang paling kecil. 

    Baca: Lonjakan Kasus Covid-19, Jateng Kirim Puluhan Dokter ke Kudus

    Meski demikian, Dian mengklaim hingga kini belum ada satu pun desa yang berzona merah. "Kalau berdasarkan PPKM Mikro, belum ada desa yang zona merah. Hanya ada satu RT yang saat ini zona merah," terang dia. 

    Penyebaran dan penularan covid-19 di Jepara telah menjangkit tenaga kesehatan (nakes). Dian menyampaikan, saat ini sudah ada 32 nakes yang terkonfirmasi positif covid-19.

    "Makanya saya kembali mengajak masyarakat, ayo kita sama-sama mematuhi protokol kesehatan. Sekarang sudah ada nakes yang terkena," tutur Dian.

    (SYN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id