Pemkot Surabaya Diminta Keruk Waduk untuk Tampung Air

    Antara - 05 September 2021 09:04 WIB
    Pemkot Surabaya Diminta Keruk Waduk untuk Tampung Air
    Satgas Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pematusan Kota Surabaya mengeruk saluran box culvert di depan TPU Babat Jerawat, Pakal, Kota Surabaya, Jumat, 3 September 2021. FOTO ANTARA/HO-Humas Pemkot Surabaya



    Surabaya: Pemerintah Kota Surabaya diminta tidak hanya melakukan pengerukan saluran air (gorong-gorong) saja, tetapi juga bozem atau waduk sebagai tempat penampungan air saat musim hujan.

    Anggota Komisi C Bidang Pembangunan DPRD Kota Surabaya, Buchori Imron, mengatakan yang dilakukan Pemkot Surabaya sudah tepat dengan melakukan pengerukan endapan lumpur untuk menghadapi musim hujan.

     



    "Jangan sampai musim hujan tiba, baru pengerukan dilakukan, itu sudah telat," kata Buchori di Surabaya, Minggu, 5 September 2021.

    Baca: Viral Orang Tua di Gowa Coba Mencungkil Mata Anaknya

    Buchori mengingatkan agar pengerukan endapan lumpur di gorong-gorong harus dikoneksikan dengan saluran lainnya. Selain itu, pengerukan harus bersih agar jalan air di bawah gorong-gorong lancar. Tidak hanya itu saluran-saluran air setiap saat juga harus dipantau dan perlu adanya intensitas perawatan.

    "Jangan sampai karena kurang perawatan di bawah aliran gorong-gorong saat banjir justru menimbulkan korban jiwa, itu jangan sampai," jelasnya.

    Ia menambahkan selain endapan lumpur yang ada di bawah gorong-gorong, perlu juga pengerukan di bozem-bozem agar lebih dalam, sehingga saat musim hujan dapat berfungsi sebagai tempat penampungan air untuk mencegah banjir.

    Menyinggung anggaran pengerukan, Buchori mengatakan soal anggaran semua sudah global dengan anggaran tersendiri yang dikerjakan oleh Satgas Dina PU Bina Marga dan Pematusan Kota Surabaya. "Itu masuk anggaran perawatan dan pemeliharaan," ujarnya.

    Hai Sobat Medcom, terima kasih sudah menjadikan Medcom.id sebagai referensi terbaikmu. Kami ingin lebih mengenali kebutuhanmu. Bantu kami mengisi angket ini yuk  https://tinyurl.com/MedcomSurvey2021 dan dapatkan saldo Go-Pay/Ovo @Rp 50 ribu untuk 20 pemberi masukan paling berkesan. Salam hangat.

    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id