comscore

Daur Ulang Sampah Plastik Jadi Bernilai Cuan

MetroTV - 29 Januari 2022 01:32 WIB
Daur Ulang Sampah Plastik Jadi Bernilai Cuan
Raup rupiah dari sampah plastik. Foto: Dok/Metro TV
Aceh: Sampah plastik sering menjadi masalah bagi lingkungan terutama di kota-kota besar di Indonesia. Namun dengan kreativitas daur ulang, kini sampah plastik bisa menjadi barang yang bernilai ekonomi.

Salah satunya, seperti yang dilakukan oleh para ibu-ibu rumah tangga di Banda Aceh. Berawal dari hanya memilah-milah sampah, kini program yang dibuat oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Banda Aceh membuat ibu rumah tangga mempunyai kreatifitas dengan memanfaatkan sampah plastik menjadi kerajinan tangan.
Layaknya bank sampah, para ibu rumah tangga desa ini mulai mengumpulkan dan memilah sampah-sampah rumah tangga yang akan diolah.

"Sampah yang dipilah itu termasuk sampah saset kemasan," ujar Ketua Kelompok Daur Ulang Hayatan Nufus dalam program Newsline di Metro TV, Jumat, 28 Januari 2022.

Selanjutnya, setiap plastik kemasan bekas minuman atau jajanan anak-anak yang terkumpul, dirajam sampai halus dan selanjutnya dilapisi dengan kertas yang lebih tebal dan diberi ornamen kain songket agar terlihat lebih menarik dan lebih bernilai ekonomis.

Nufus mengatakan untuk menciptakan berbagai kerajinan dari sampah tidak membutuhkan peralatan canggih. Hanya kelincahan jemari yang dipadukan dengan mesin jahit sederhana.

Produk-produk daur ulang yang mereka hasilkan juga beragam, seperti sarung kursi, sarung bantal kursi, tas, dompet dan souvenir untuk acara. Melalui usaha kreativitas ini, menurut Nufus, selain bisa membuat lingkungan bersih dari sampah, ibu-ibu sekitar juga mempunyai pendapatan lebih.

"Sampah kemasan ini ternyata juga bisa bernilai ekonomi, salah satunya dengan menghasilkan produk-produk seperti ini," katanya. (Alifiah Nurul Rahmania)

(MBM)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id