comscore

Pemkot Depok Terapkan Pembatasan Sosial Berskala Kampung Siaga

Octavianus Dwi Sutrisno - 14 September 2020 21:16 WIB
Pemkot Depok Terapkan Pembatasan Sosial Berskala Kampung Siaga
ilustrasi Medcom.id
Depok: Keputusan Pemprov DKI Jakarta menerapkan pengetatan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), ditanggapi oleh Pemerintah Kota Depok dengan menetapkan Pembatasan Sosial Berskala Mikro (PSBM).

Wali Kota Depok, Mohammad Idris Abdul Somad menuturkan hal tersebut juga arahan umum dari Gubernur Jawa Barat terkait peningkatan covid-19 khususnya di wilayah Bogor, Depok, Bekasi (Bodebek)
"Secara umum peningkatan kasus tidak hanya di Bodebek saja, bahkan Jabar sendiri untuk zona merah bertambah dua wilayah, dan zona oranye ada empat. Sehingga ini, menjadi perhatian khusus," ucap Idris Senin, 14 September 2020.

Idris menuturkan PSBM istilahnya berbeda-beda pada setiap wilayah di Kota Depok sendiri, secara spesifik bernama Pembatasan Sosial Berskala Kampung Siaga (PSKS) dengan basis Rukun Warga (RW).

"Jadi, saat ini se-Kota Depok ada 93 RW dengan jumlah RT sebanyak 924. Ini dinyatakan zona merah semua, dan dilakukan PSKS. Tentunya, pembatasan tertentu dilakukan terutama dari setiap Kelurahan yang kasus terkonfirmasi positif lebih dari enam orang, dan tengah menjalani isolasi mandiri," bebernya.

Menurut dia, PSBM dan PSBB Proposional teknisnya sama namun khusus di wilayah Jawa Barat telah disepakati bersama menjadi PSBM. Idris menerangkan, untuk wilayah Bekasi berbasis kecamatan sedangkan Kota Depok fokus pada RW.

"Untuk kasus positif, terkonfirmasi, dirawat, isolasi mandiri, ini termasuk PSKS dan pengawasannya ketat," paparnya.

Seperti diketahui, sebelumnya Pemerintah Kota Depok masih berkoordinasi terkait rencana pengetatan PSBB yang hendak dilakukan oleh DKI Jakarta. Rapat bersama Forkopimda dan Pemprov Jabar dilakukan, sejumlah aturan dan program yang mendukung protokol kesehatan mulai diperketat mulai dari kewajiban menggunakan masker dan pembatasan aktifitas warga hingga pukul 20.00 WIB, dan aktivitas pelaku usaha hingga pukul 18.00 WIB.

(ALB)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id