Dapur Bencana Sidoarjo Siapkan 6.000 Nasi Bungkus Setiap Hari

    Syaikhul Hadi - 21 Februari 2020 10:00 WIB
    Dapur Bencana Sidoarjo Siapkan 6.000 Nasi Bungkus Setiap Hari
    Ilustrasi dapur bencana di Tanggulangin, Sidoarjo, Jawa Timur, Kamis, 20 Februari 2020. Medcom.id/ Syaikhul Hadi
    Sidoarjo: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sidoarjo mulai menyiagakan dapur bencana yang ditempatkan di Tanggulangin Sidoarjo. Per hari relawan menyediakan makanan siap saji hingga 6.000 bungkus. 

    Relawan Tagana, Amar, mengungkapkan dapur bencana mulai dibuka sejak adanya penetapan status tanggap darurat terhadap bencana banjr di dua desa Kedung Banteng dan Banjar Asri, Kecamatan Tanggulangin, Sidoarjo. 

    "Ada sekitar 50-an relawan. Kita bergantian (jaga)," kata Amar saat ditemui di dapur bencana, Kamis malam, 20 Februari 2020.

    Amar menjelaskan untuk menyediakan makan hingga ribuan bungkus cukup melelahkan, meski demikian hal itu tidak sebanding dengan bencana banjir yang dialami korban sejak sebulan lalu. 

    "Targetnya per hari sekitar enam ribuan bungkus. Dengan estimasi per makan 2.000 ribuan dikali tiga perhari," jelas Amar.

    Selaon dapur bencana, juga disediakan posko kesehatan, posko utama yang terletak di balai desa, dan posko darurat yang terletak di lapangan Banjar Asri. 

    Berdasarkan pantauan, Posko Utama ditempatkan dibalai desa Kedung Banteng. Di sana sudah terlihat beberapa relawan sedang berjaga-jaga dan terdapat pula mobil pompa yang siap dioperasikan jika nantinya air tak kunjung surut.

    "Alhamdulillah sampai hari ini tidak ada warga yang mengungsi, meski banjir terbilang lama (yakni sebulan lebih). Warga terdampak hanya transit dan menginap di rumah saudaranya yang tidak jauh dari lokasi banjir," kata Camat Tanggulangin, Sidoarjo, Sabino Mariano.



    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id