Jembatan Ambruk Mengisolasi Desa di Ciamis

    Kristiadi - 20 Februari 2020 11:34 WIB
    Jembatan Ambruk Mengisolasi Desa di Ciamis
    Jembatan yang menghubungkan Desa Nagarajaya dan Nagarajati putus dihantam aliran sungai Cigunung, Ciamis, Jabar. Foto: MI/Adi Kristiadi
    Ciamis: Hujan deras yang terjadi sejak Rabu siang, 19 Februari 2020, menyebabkan sungai Cigunung meluap dan menghantam jembatan sepanjang 10 meter dan lebar 3 meter itu ambruk. Ambruknya jembatan mengakibatkan warga di blok Pasawahan, Desa Nagarajaya dan Nagarajati, Kecamatan Panawangan, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, terisolisasi

    "Kini, akses jalan yang biasanya digunakan oleh masyarakat terisolasi, tetapi musibah telah dilaporkan kepada BPBD dan pemerintah daerah agar secepatnya kembali dibangun lagi," kata Anggota Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Ciamis, Dimas Ardianto, Kamis, 20 Februari 2020. 

    Dimas mengungkap hujan deras yang terjadi di Ciamis juga menyebabkan beberapa rumah rusak. Sejumlah warga terdampak terpaksa mengungsi ke rumah saudara mereka. Selain itu, area persawahan juga rusak. 

    "Masyarakat berupaya mencari solusi agar jalan tersebut bisa dilalui pejalan kaki terlebih dulu terutama anak sekolah dan para pegawai. Untuk kendaraan roda dua dan empat harus menggunakan jalan lain, mengingat kondisi sekarang ini berbahaya dan tidak bisa lagi dilalui kendaraan," ujarnya.

    Sementara itu, Ketua Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Ciamis, Ade Waluya, mengatakan bencana yang terjadi di Ciamis patut diwaspadai. Dia menerangkan Ciamis termasuk katergori rawan bencana banjir, longsor dan pergerakan tanah. 

    Dia mengungkap bencana kerap terjadi di Kecamatan Tambaksari, Rancah, Panawangan, Banjarsari, Cikoneng, Panumbangan, Pamarican, Sadananya dan Cidolog.

    "Tim Tagana akan membantu proses evakuasi warga bersama BPBD, Polri, TNI. Selain itu juga mencari solusi agar jembatan penghubung bisa kembali dilintasi masyarakat. Jika memang tidak ada jalan lain, akan dibuatkan jembatan darurat penyebrangan," paparnya.

    (LDS)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id