2.220 KK di Aceh Barat Terdampak Banjir

    Fajri Fatmawati - 29 Juli 2020 10:58 WIB
    2.220 KK di Aceh Barat Terdampak Banjir
    Banjir menggenangi permukiman penduduk di Kabupaten Aceh Barat, Aceh. (Foto: Istimewa)
    Banda Aceh: Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) menyatakan sebanyak 2.220 kepala keluarga (KK) dengan 2.884 jiwa terdampak banjir, dengan ketinggian air mencapai satu meter di Kabupaten Aceh Barat, Aceh.

    "Ribuan rumah yang terendam banjir tersebar di 76 desa dan 10 kecamatan," kata Kepala Pelaksana BPBA, Sunawardi, Rabu 29 Juli 2020.

    Sunawardi memerinci 10 kecamatan yang terendam banjir yakni, Pante Cermen, Sungai Mas, Kaway XVI, Woyla Barat, Mereubo, Johan Pahlawan, Arongan lambalek, Sama Tiga, Woyla, dan Kecamatan Woyla Timur.

    "Hujan di Kabupaten Aceh Barat mengakibatkan meluapnya air sungai Krung Woyla dan Krung Meureubo. Sehingga mengenanggi permukiman warga dan badan jalan setinggi 20 sentimeter hingga satu meter," jelasnya.

    Baca juga: Aktivitas Niaga Hewan Kurban di Sumenep Lesu

    Selain merendam rumah warga, banjir juga membuat badan jalan di Sungai Mas Gampong (Desa) Geudong, Jalan lintas Kabupate Aceh Barat menuju Kabupaten Pidie KM 21 Cot Denden dan Kubu Aneuk Manyak tertimbun longsor sehingga sulit untuk dilintasi kendaraan roda empat dan dua.

    "Kerusakan juga terjadi di tanggul masjid Sungai Mas sepanjang 40 meter dengan kedalaman 15 meter dan kerusakan tanggul tebing sungai dekat masjid Gampong Tanah Merah Panjang," ungkap dia.

    Kemudian, pohon tumbang menimpa teras rumah warga dan menimpa mobil. Peristiwa pohon tumbang di jalan nasional  dalam Kota Meulaboh hingga kini masih dilakukan pendataan terhadap kerusakan.

    "Tidak ada korban jiwa dalam bencana ini. Namun, Untuk pengungsi masih dalam pendataan," ucapnya.

    Ia menambahkan BPBD Aceh Barat telah melakukan upaya pemantauan ke lokasi dan berkoordinasi dengan masyarakat dan aparatur desa juga pihak kecamatan.

    "Kondisi terakhir hujan masih mengguyur wilayah Kabupaten Aceh Barat dan air belum surut, masih menggenangi badan jalan juga rumah warga," imbuh dia.



    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id