Sungai Musi Menyusut 2 Meter

    Gonti Hadi Wibowo - 07 September 2020 12:27 WIB
    Sungai Musi Menyusut 2 Meter
    Sungai Musi Palembang. Foto: Medcom.id/GontiHadi Wibowo



    Palembang: Sungai Musi di Kota Palembang, Sumatra Selatan mengalami penyusutan hingga dua meter akibat kemarau. Fenomena penyusutan sungai ini juga terjadi di beberapa wilayah di Sumsel yang mengakibatkan sungai menjadi dangkal.

    "Sudah sebulan ini sungai Musi dan beberapa sungai lainnya di Palembang menyusut satu hingga dua meter," kata Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Sumatra (BBWSS) Wilayah VIII Palembang, Birendrajana, Senin 7 September 2020.

     



    Birendrajana memastikan meski sungai Musi mengalami penyusutan sejauh ini belum menganggu aktivitas pelayaran kapal-kapal.

    Untuk mengantisipasi hal tersebut, pihaknya bersama Pemkot Palembang melakukan pembersihan eceng gondok agar tidak mengganggu pelayaran kapal dan mencegah penghambatan aliran dari sungai-sungai kecil.

    "Sepanjang musim kemarau ini kegiatan pembersihan eceng gondok itu terus kita lakukan nantinya agar juga menjaga kebersihan sungai," ungkapnya.

    Selain sungai Musi, sungai Komering yang melintasi Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) dan Kabupaten OKU Timur juga pedangkalan yang mengakibatkan sawah menjadi kekeringan. 

    Menurutnya, fenomena penyusutan sungai ini adanya penurunan muka air yang juga terpengaruh pasang surut. Pada saat surut, air bisa turun banyak sedangkan waktu pasang turunnya bisa lebih sedikit.

    "Jika dibandingkan tahun lalu itu kemaraunya panjang dan lebih kering penyusutan sungai itu bisa lebih dari dua meter," katanya.

    (ALB)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id