Pasien RSJ Amino Semarang Buat Masker

    Mustholih - 26 Maret 2020 15:43 WIB
    Pasien RSJ Amino Semarang Buat Masker
    Pasien RSJD Dokter Amino Gondohutomo, Semarang, Jawa Tengah, membuat masker dan baju pelindung penangkal virus korona. Foto: Humas RSJD Amino Gondohutomo.
    Semarang: Rumah Sakit Jiwa Daerah (RSJD) Dokter Amino Gondohutomo, Semarang, Jawa Tengah, memberdayakan pasiennya di tengah penyebaran virus korona (covid-19). Pasien diminta membuat masker dan baju pelindung diri untuk petugas non-medis RSJD Amino yang menangani para pasien.

    "Pembuatan dilakukan oleh pasien jiwa yang sudah sembuh tapi rutin kontrol rawat jalan. Mereka dibantu petugas rehabilitasi psikosial," kata Direktur Utama RSJD Amino Gondohutomo, Dokter Alex Jusran, Semarang, Jawa Tengah, Kamis, 26 Maret 2020.

    Alex menuturkan pasiennya telah dibekali kemampuan menjahit, sebelum diperbantukan membuat baju pelindung dan masker. Dia menerangkan puluhan pasien turut dilibatkan dalam pembuatan masker dan baju pelindung.

    Baca: Tips Mencuci Pakaian di Tengah Pandemi Covid-19

    "Selama ini mereka bisa memproduksi kurang lebih sepuluh baju dan lima puluh masker per hari. Sebelum didistribusikan ke tim non-medis, baju pelindung dan masker dibersihkan lebih dulu dari kontaminasi," ujarnya.

    Alex mengatakan baju pelindung dari buatan pasien RSJD Amino berbahan dasar polypropylene spundbound. Sedangkan masker terbuat dari kain katun dua lapis.

    "Untuk baju pelindung harga perkiraan Rp40 ribu per lembar," jelas Alex.

    Dia mengungkap masker dan baju pelindung buatan pasien RSJ Amino digunakan hanya untuk kalangan internal petugas non-medis rumah sakit. Sementara tenaga medis yang berkontak langsung dengan pasien, menggunakan APD dan masker standar kelengkapan medis.



    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id