4 RSUD di Kabupaten Bogor Gelar Rapid Test

    Antara - 25 Maret 2020 09:14 WIB
    4 RSUD di Kabupaten Bogor Gelar <i>Rapid Test</i>
    Ilustrasi. Medcom.id
    Cibinong: Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, Jawa Barat, akan melakukan rapid test  virus korona (covid-19) secara masif di empat rumah sakit umum daerah (RSUD). Pengujian dilakukan hari ini, Rabu, 25 Maret 2020.

    "Dilakukan di empat RSUD (Cibinong, Ciawi, Leuwiliang, dan Cileungsi)," ujar juru bicara (jubir) covid-19 Kabupaten Bogor, Kusnadi, di Bogor, Selasa, 24 Maret 2020, melansir Antara.

    Dia menerangkan rapid test dikhususkan untuk pasien dalam pengawasan (PDP). Sedangkan bagi orang dengan pemantauan (ODP) dan orang dengan risiko (ODR) dilakukan di puskesmas masing-masing, pada Kamis, 26 Maret 2020.

    Hingga Selasa malam, 24 Maret 2020, Pemkab Bogor mencatat sebanyak 146 warga berstatus ODP, dengan 90 di antaranya dinyatakan negatif covid-19. Kemudian 55 pasien dalam pengawasan (PDP), dengan 18 orang di antaranya dinyatakan negatif korona setelah menjalani pemeriksaan.

    Baca: Dua Anggota Ombudsman Positif Terinfeksi Korona

    Sebelumnya, Bupati Bogor Ade Yasin mengaku, akan melakukan rapid test korona dari rumah ke rumah. Ade menolak keinginan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil untuk melakukan rapid test massal di Stadion Pakansari Cibinong Kabupaten Bogor.

    "Pelaksanaan kemungkinan kalau ODR (orang dengan risiko), ODP (orang dalam pemantauan) kita bisa door to door," ujar Ade.

    Dia menerangkan rapid test dari rumah ke rumah dilakukan untuk yang berstatus ODR dan ODP. Sedangkan PDP akan dilakukan di rumah sakit, tempat masing-masing pasien dirawat.

    "Karena PDP itu semuanya ada di rumah sakit, ada di beberapa RS. RSUD Cibinong, RSPG Cisarua, RSUD Ciawi, RSUD Leuwiliang dan Cileungsi. Itu PDP, kita langsung di rumah sakit," jelasnya.



    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id