Siswa SD di Yogyakarta Belajar di Pos Ronda

    Ahmad Mustaqim - 06 Februari 2020 17:52 WIB
    Siswa SD di Yogyakarta Belajar di Pos Ronda
    Lokasi proyek pembangunan SD Bangunrejo 2, Kamis, 6 Februari 2020. Medcom.id/Ahmad Mustaqim
    Yogyakarta: Siswa SD Bangunrejo 2 Kecamatan Tegalrejo, Kota Yogyakarta harus menumpang untuk bisa melakukan kegiatan belajar mengajar (KBM) di SD Bangunrejo 1. Bahkan ada KBM SD Bangunrejo 2 yang terpaksa dilakukan di pos ronda dekat sekolah.

    "SD Bangunrejo 1 dikurangi jam pelajarannya, SD Bangunrejo 2 juga sehingga bisa seimbang (pembagian jam pelajarannya)," kata Kepala SD Bangunrejo 2, Subagya, di sekitar lokasi, Kamis, 6 Februari 2020. 

    Subagya mengatakan kondisi itu terpaksa dilakukan karena bangunan sekolah masih dalam perbaikan. Perbaikan sekolah tersebut harusnya dimulai sejak Februari 2019. Namun dalam prosesnya tak selesai tepat waktu sehingga harus dilakukan penyiasatan. Ia mengatakan kondisi KBM siswa sangat mendesak. 

    "Siswa ada yang belajar di pos ronda karena ada tambahan jam pelajaran. Sudah dua bulan terakhir. Ada guru yang menambah jam karena untuk mengejar persiapan UN," jelas Subagya

    Subagya menyebut kondisi sekolah rusak sebenarnya sudah mulai 2017. Dalam prosesnya, bangunan baru dirobohkan pada 2019. 
    SD Bangunrejo tersebut total memiliki 81 siswa. Dari jumlah itu, 69 di antaranya merupakan anak berkebutuhan khusus. 

    "Sebelum (bangunan) dirobohkan, siswa pindah duluan. Kalau tidak ada nambah jam pelajaran ya belajarnya di luar ruangan kelas," ungkap Subagya.

    Subagya menambahkan aktivitas sekolah yang menumpang itu tak sepenuhnya nyaman. Ia mengaku harus terpaksa keluar ruangan karena kondisinya panas. 

    "Saya (terkadang) di luar kalau kerja. Kalau dinyalakan kipas angin saya masuk angin, mending saya kerja di luar," pungkas Subagya.



    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id