Bendera Bintang Kejora Masuk Gereja

    Roylinus Ratumakin - 01 Desember 2019 13:43 WIB
    Bendera Bintang Kejora Masuk Gereja
    Empat orang berbusana adat Papua dan berbendera Bintang Kejora mengikuti misa di Gereja Katolik Gembala Baik. (Foto: Medcom.id/Roylinus)
    Jayapura: Empat orang berbusana adat Papua memasuki Gereja Katolik Gembala Baik, Abepura, Papua, dengan membawa bendera Bintang Kejora. Keempatnya mengikuti Misa perayaan ekaristi di gereja sekitar pukul 09.35 WIT, Minggu, 1 Desember 2019.

    Pastor Paroki Gembala Baik, James Kosay, mengatakan, pihaknya tak mempersoalkan hal tersebut. Ia justru mengeluhkan kehadiran aparat keamanan yang dinilai mengganggu jalannya ibadah. 

    “Saya berharap ke depan, pihak keamanan bertindak sesuai dengan norma hukum yang berlaku. Harus menghargai suasana tata ibadah dalam sebuah gereja khususnya bagi umat Katolik,” katanya.

    Menurut Kosay, kehadiran aparat keamanan yang keluar dan masuk saat umat katolik sedang menjalankan Misa sangat meresahkan. Ia memahami empat orang jemaat berbendera Bintang Kejora telah menyalahi aturan.

    "Tetapi ada baiknya aparat kemanan menunggu hingga selesai perayaan Misa, baru bisa diamankan. Bertindaklah sesuai dengan aturan, dan jangan sampai mengganggu kosentrasi umat yang sedang beribadah,” ujarnya.

    Pastor Kosay juga berharap aparat keamanan tidak membuat sebuah narasi Gereja Katolik mendukung aksi-aksi semacam itu.

    “Aparat kemanan harus lebih jeli melihat konteks ini,” katanya.

    Sementara itu, Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw mengatakan empat orang jemaat gereja berbendara Bintang Kejora telah ditahan di kantor Polsek Abepura untuk diperiksa. 

    Keempat pemuda yang sempat mengikuti ibadah didatangi polisi secara sopan dan baik-baik. Polisi meminta mereka untuk keluar gedung gereja dan dibawa ke Kantor Polsek Abepura yang berjarak sekitar 200 meter dari gereja.

    "Saya sudah perintahkan kepala Polres Jayapura Kota untuk mendalami kasus itu, untuk mengetahui apa rencana yang ingin mereka lakukan," kata dia, melansir Antara.

    Saat menangkap mereka, kata dia, polisi juga menyita tiga bendera Bintang Kejora yang mereka bawa. "Situasi keamanan saat ini aman dan terkendali," jelasnya.




    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id