Tol Pandaan-Malang Ditarget Rampung Bulan Ini

    Daviq Umar Al Faruq - 20 Januari 2020 17:02 WIB
    Tol Pandaan-Malang Ditarget Rampung Bulan Ini
    Ilustrasi gerbang Tol Singosari, Jalan Tol Pandaan-Malang. Medcom.id/Daviq Umar Al Faruq
    Malang: Jalan Tol Pandaan-Malang ditarget rampung pada bulan ini, Januari 2020. Saat ini pembangunan tol tersebut hanya menyisakan ruas tol Seksi V (Pakis-Malang) sepanjang 3,113 kilometer.

    Direktur Utama PT Jasa Marga Pandaan-Malang (JPM), Agus Purnomo, mengatakan hingga saat ini pembangunan akses utama ruas tol Seksi V sudah rampung. Akses tersebut sudah menyambung ke jalan arteri di Jalan Gribig, Kota Malang.

    "Kita akan tuntaskan. Mudah-mudahan enggak melenceng dari bulan Januari ini sudah tuntas. Sehingga awal bulan depan mudah-mudahan tim nya siap ini langsung uji laik," kata Agus saat dikonfirmasi Medcom.id, Senin, 20 Januari 2020.

    Agus mengatakan PT JPM kini tengah melakukan pembangunan taper ke arah gerbang keluar tol. Taper adalah bagian dari lajur jalan yang menyerong dan berfungsi untuk mengarahkan lalu lintas pindah lajur. 

    "Taper untuk keluar masuknya pelebaran samping kanan kiri kalau mau keluar dari tol ke arteri itu kan ada pelebaran disitunya. Itu on/off rem keluar masuk tol. Kalau gerbangnya kan ada di dalam dan nggak ada masalah," jelas Agus.

    Seperti diketahui Jalan Tol Pandaan-Malang telah diresmikan secara langsung oleh Presiden Joko Widodo pada 13 Mei 2019. Namun hingga saat ini, ruas tol yang sudah dapat beroperasi hanya empat seksi saja dari total lima seksi.

    Jalan Tol Pandaan-Malang memiliki lima seksi sepanjang 38,48 kilometer. Antara lain, Seksi I Pandaan-Purwodadi sepanjang 15,475 kilometer, Seksi II Purwodadi-Lawang sepanjang 8,050 kilometer dan Seksi III Lawang-Singosari sepanjang 7,1 kilometer.

    Selanjutnya Seksi IV Singosari-Pakis sepanjang 4,75 kilometer dan Seksi V Pakis-Malang sepanjang 3,113 kilometer. Pembangunan Jalan Tol Pandaan-Malang ini sendiri dilakukan oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Jasamarga Pandaan-Malang dengan investasi sebesar Rp 5,97 triliun. 

    Jalan Tol Pandaan-Malang diharapkan dapat menjadi bagian vital arus mobilisasi orang serta barang antara Surabaya dan Malang yang banyak memiliki tempat wisata. Kehadiran ruas tol diharapkan pula bisa mempercepat perjalanan dari Surabaya menuju Malang dan sekitarnya.

    Sebab selama ini perjalanan dari Surabaya ke Malang pada jam padat bisa mencapai empat hingga enam jam. Dengan melalui jalan tol ini, waktu tempuhnya bisa kurang dari satu jam. 

    Jalan tol yang menjadi bagian dari Jalan Tol Surabaya-Malang ini juga memiliki pemandangan alam yang indah di kanan kiri jalan. Terutama di rest areanya yang berhadapan langsung dengan Gunung Semeru di sisi timur, Gunung Arjuna sisi barat, Gunung Kawi di sisi barat daya, dan ditambah Gunung Penanggungan.



    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id