BNPB Salurkan Dana Penanggulangan Bencana di Lebak

    Candra Yuri Nuralam - 04 Januari 2020 17:01 WIB
    BNPB Salurkan Dana Penanggulangan Bencana di Lebak
    Kepala BNPB Doni Monardo menyerahkan bantuan dana untuk penanggulangan banjir bandang di Lebak Gedong, Banten. Foto: Dok.BNPB.
    Jakarta: Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyalurkan bantuan sebesar Rp350 juta untuk penanganan banjir bandang dan longsor di Lebak Gedong, Kabupaten Lebak, Banten. Bantuan langsung diberikan Kepala BNPB Doni Monardo.

    "Pada kunjungan tersebut Doni Monardo menyerahkan bantuan dana siap pakai sebesar Rp350 juta kepada Korem 064 Maulana Yusuf yang digunakan untuk penanganan darurat," kata Kapusdatinkom Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Agus Wibowo di Jakarta, Sabtu, 4 Januari 2020.

    Agus mengatakan Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy ikut dalam peninjauan itu. Kemenko PMK juga menyerahkan bantuan dana kepada pemerintah daerah.

    "Pemda setempat mendapat bantuan dana dari kemenko PMK sejumlah Rp500 juta dan Kemensos Rp611 juta," ujar Agus.

    Doni Monardo sempat menyapa para penyintas yang masih bertahan di pos kesehatan Desa Banjar Irigasi, Lebak Gedong. Doni juga mengapresiasi para relawan yang terus berjibaku sejak kejadian terjadi.

    "Sejak hari pertama mereka telah turun ke lapangan, memberikan bantuan pertama, pertolongan pertama kepada masyarakat terdampak," tutur Doni.

    Sebanyak 28 jembatan permanen dan jembatan gantung rusak akibat luapan air Sungai Ciberang. Puluhan jembatan itu berada di 6 kecamatan di Kapubaten Lebak, Banten.

    Kerusakan ini membuat akses bantuan evakuasi dan bantuan pangan menjadi sulit. Kepala Pelaksana BPBD Lebak Kaprawi berharap jembatan yang rusak segera diperbaiki. 

    Banjir juga merusak beberapa bangunan sekolah, seperti SDN I dan SDN II Desa Banjarsari serta SMPN 4 Lebak Gedong. Banjir juga merendam 37 desa di enam kecamatan di Lebak. Sebanyak tiga orang meninggal terseret banjir.





    (DRI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id