Pemkab Kudus Usulkan Ujian Sekolah Tatap Muka

    Rhobi Shani - 12 April 2021 15:35 WIB
    Pemkab Kudus Usulkan Ujian Sekolah Tatap Muka
    Bupati Kudus, HM Hartopo, meninjau pelaksanaan simulasi pembelajaran tatap muka di SMP 1 Jekulo. Medcom.id/ Rhobi Shani



    Kudus: Pemerintah Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, mengusulkan pelaksanaan Ujian Sekolah (US) tatap muka pada Gubernur Jawa Tengah. Evaluasi terhadap SMP Negeri 1 Jekulo yang sudah melaksanakan uji coba pembelajaran tatap muka (PTM) saat pandemi covid-19 hasilnya berjalan dengan baik.

    Bupati Kudus, HM Hartopo, mengatakan lantaran uji coba PTM di SMP Negeri 1 Jekulo berjalan baik, pihaknya berencana akan mengusulkan sekolah-sekolah yang sudah siap agar bisa menjalankan US secara tatap muka.






    "Ujian ini akan kita usulkan ke Pak Gubernur agar bisa tatap muka. Jangan daring, karena tidak efektif," kata Hartopo, Selasa, 12 April 2021.

    Baca: Jelang Ramadan, Penjualan Kurma di Solo Meningkat

    Guna mempersiapkan US tatap muka, vaksinasi terhadap guru menjadi prioritas. Vaksinasi tidak hanya bagi guru SMP, tapi juga untuk semua guru yang ada di Kota Kretek.

    "Kami upayakan guru-guru di Kudus bisa divaksin semuanya," jelas Hartopo.

    Soal pelaksanaan simulasi pembelajaran tatap muka, Hartopo berpesan agar pihak sekolah mempergiat sosialisasi protokol kesehatan. Utamanya  para siswa yang tidak diantar atau dijemput orang tuanya saat ke sekolah.

    "Bagi siswa yang tidak diantar atau dijemput orang tuanya. Saya minta untuk tidak mampir-mampir langsung pulang ke rumah. Karena ini akan jadi evaluasi kami," ungkapnya.

    Plt. Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kudus, Harjuno Widodo, mengatakan penerapan prokes di SMP 1 Jekulo sudah baik.

    Soal wacana US pada 19 - 26 April 2021 mendatang, diprioritaskan untuk sekolah-sekolah yang gurunya sudah vaksinasi. Antara lain SMP 1 Jekulo, MTs Negeri 1 Kudus dan 9 SD.

    "Bagi sekolah yang gurunya belum divaksinasi US tetap online," kata Harjuno.

    Saat ini ada 14 sekolah yang menjalankan simulasi pembelajaran tatap muka. Dengan rincian, 9 SD, 1 SMP, 1 MTs, 1 SMA dan 1 SMK.


     

    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id