NasDem Ingin Wirausahawan Baru di DIY Berkembang

    Ahmad Mustaqim - 29 Maret 2021 20:07 WIB
    NasDem Ingin Wirausahawan Baru di DIY Berkembang
    Angota Komisi VI DPR Fraksi NasDem, Subardi (tengah). Dokumentasi/ istimewa



    Yogyakarta: Angota Komisi VI DPR Fraksi NasDem, Subardi, menginginkan munculnya banyak wirausahawan baru di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Pihaknya melakukan sejumlah hal agar bisa mewujudkan hal itu.

    Salah satu yang pihaknya lakukan yakni menggelar pelatihan bagi kalangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) serentak di tiga kabupaten, yakni Gunungkidul, Kulon Progo, dan Kota Yogyakarta. Pelatihan ini merupakan program aspirasinya yang ditindaklanjuti bekerja sama dengan Kementerian Perindustrian.






    "Pelatihan kali ini fokus mencetak wirausaha baru. Banyak di antara peserta berasal dari UMKM pemula. Mereka memang butuh pelatihan dan pendampingan agar semangat berusaha dan lebih produktif," kata Subardi saat pembukaan pelatihan di salah satu hotel kawasan Seturan, Kabupaten Sleman, Senin, 29 Maret 2021.

    Baca: Warga Tangerang Bisa Buat Laporan Polisi Melalui Aplikasi

    Subardi mengatakan ada tiga jenis pelatihan yang diberikan ke warga tersebut. Tiga materi pelatihan itu yakni servis gawai yang dilakukan di Kota Yogyakarta; pengolahan susu kambing etawa di Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo; dan dan anyaman hasil alam di Kecamatan Semin, Kabupaten Gunungkidul.

    "Pelatihan serentak ini diikuti sebanyak 60 peserta dan digelar selama empat hari, sejak Senin (29 Maret) hingga Kamis (1 April)," jelasnya.

    Selain pelatihan, para peserta akan dibantu mengakses permodal dari Dinas Perindustrian serta Dinas Koperasi dan UKM. Menurut dia, jajaran dinas terkait di tingkat provinsi dan kabupaten/kota siap memfasilitasi.

    "Target pelatihan ini untuk mencetak banyak wirausahawan andal. Kami mulai dengan peningkatan kualitas sumber daya manusia atau SDM. Saya percaya wirausaha andal berawal dari SDM yang andal," ungkapnya.

    Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) NasDem DIY itu juga menceritakan perjalanannya merintis usaha hingga ini duduk di Senayan. Menurut dia, salah satu langkah penting memulai usaha yakni keberanian mengambil risiko.

    "Saya beberapa kali jatuh bangun di bidang konstruksi dan properti. Tetapi itulah yang membuat saya tahan banting hingga aktif di dunia politik sejak dua dekade terakhir," ujarnya.

     

    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id