Warga Jateng Selatan Diimbau Waspadai Puting Beliung

    Antara - 11 November 2020 09:18 WIB
    Warga Jateng Selatan Diimbau Waspadai Puting Beliung
    Ilustrasi. (Foto: Medcom.id)
    Cilacap: Warga Jawa Tengah bagian selatan khususnya Kabupaten Cilacap, Banyumas, dan sekitarnya diimbau untuk mewaspadai potensi terjadinya puting beliung. 

    Menurut Analis Cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap Rendi Krisnawan, saat ini kondisi atmosfer aktif, yaitu suhu permukaan laut yang masih hangat secara umum mengakibatkan penguapan untuk wilayah Indonesia terutama di wilayah Jawa cukup banyak.

    "Sehingga terbentuknya awan yang menyebabkan hujan cukup besar," katanya, Rabu, 11 November 2020.

    Faktor berikutnya, kata dia, ada daerah pertemuan angin atau daerah konvergensi di atas wilayah Jawa sehingga proses pembentukan awan di daerah tersebut juga cukup tinggi.

    Dalam hal ini, daerah pertemuan angin merupakan pumpunan massa udara yang mengakibatkan pertumbuhan awan-awan hujan.

    Baca juga: BPBD Banten Imbau Warga Lebak Waspadai Sambaran Petir

    "Sementara untuk fenomena global seperti MJO (Madden Julian Oscillation) maupun gelombang Rossby saat ini tidak aktif untuk wilayah Indonesia, sedangkan La Nina masih bertahan hingga awal 2021," ujar dia.

    Terkait dengan hal itu, Rendi memprakirakan kondisi cuaca dalam beberapa hari ke depan tidak seekstrem akhir Oktober yang dipengaruhi oleh sejumlah fenomena global termasuk La Nina moderat sehingga terjadi peningkatan curah hujan yang cukup tinggi.

    Kendati demikian, ia mengimbau masyarakat khususnya di wilayah Jateng bagian selatan untuk mewaspadai kemungkinan terjadinya hujan lebat disertai angin kencang atau puting beliung dan petir.

    "Kalau saat ini, hujannya cenderung akibat penguapan namun perlu diwaspadai terhadap kemungkinan terjadinya angin puting beliung. Kecenderungannya pada pagi hari terlihat cerah dan sore harinya terbentuk awan-awan hujan termasuk awan kumulonimbus yang bisa mengakibatkan terjadinya angin puting beliung," jelasnya.

    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id